ASUS Dilaporkan Bawa Penantang Berat Microsoft di PC Konvertible
ASUS tampaknya sedang mengerjakan penerus ROG Flow X13.(foto: Twitter @evleaks)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Surface Pro akhirnya mendapatkan penantang baru di dunia PC konvertibel. Di mana ASUS tampaknya sedang mengerjakan penerus ROG Flow X13.

Kabar tersebut pertama kali terungkap oleh pembocor andal Evan Blass dalam unggahannya di Twitter @evleaks. Dia men-tweet foto ROG Flow Z13, sekilas terlihat cukup mirip dengan Microsoft Surface Pro 8 yang baru.

PC konvertibel ini juga dapat memperluas kemampuannya dan berfungsi ganda sebagai PC gaming saat dibutuhkan. Divisi gaming ASUS di bawah ROG telah memproduksi banyak mesin gim dan ROG Flow Z13 juga akan disematkan pada teknologi yang sama.

Bentuk PC konvertibel yang ringkas menjadikan ROG Flow Z13 yang bocor menunjukkan bahwa perusahaan membuat perangkat yang mudah dibawa ke mana saja. Tetapi diyakini laptop ini akan dikemas dengan cukup baik dalam hal kinerja.

Mengutip The Verge, Senin, 1 November, bocoran gambar ASUS ROG Flow Z13 juga menunjukkan desain perangkat keras PC konvertibel yang tipis dan ringan. Bahasa desain yang menyaingi Microsoft Surface Pro 8, bagaimanapun, mengingat gen-gen ROG divisi gaming ASUS, ROG Flow Z13 bisa menjadi mesin yang kuat.

PC konvertibel ini juga dapat dihubungkan ke kartu grafis eksternal (eGPU) ASUS yang disebut XG Mobile, berfungsi untuk meningkatkan kinerja. EGPU juga bekerja sebagai dok USB dengan sejumlah port, mengubah konvertibel 13 inci menjadi PC gaming yang lengkap.

Sepertinya ROG Flow Z13 dapat dihubungkan ke eGPU dengan cara yang sama, jadi Microsoft mungkin harus khawatir dengan teknologi yang dibawa ASUS itu.

ROG Flow X13 baru saja keluar tahun ini, jadi belum diketahui pasti kapan ASUS ROG Flow Z13 bakal diluncurkan. Gambar itu merupakan bagian dari serangkaian bocoran yang juga menyertakan gambar ROG Zephyrus Duo 16 dan earbud nirkabel ROG. Sayangnya, tidak ada informasi tambahan tentang perangkat tersebut.