Ini Cara Mudah Hapus Pengikut yang Menjengkelkan di Instagram, Mereka Tak Sadar Jika  Dihapus
Instagram aktifkan cara menghapus pengikut di platform-nya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Instagram menawarkan banyak cara untuk mengurangi interaksi dengan orang-orang yang mengganggu dan tidak diinginkan di platform mereka. Pengguna dapat menghapus, membatasi, atau memblokir pengikut yang mengganggu di Instagram, dengan setiap metode memiliki pro dan kontra sendiri.

Sementara membatasi pengikut dapat membantu pengguna menyembunyikan komentar, suka, dan pesan langsung orang-orang itu tanpa memberi tahu mereka ada yang salah, pemblokiran mencegah mereka berinteraksi dengan akun sepenuhnya, termasuk berkomentar, menyukai, atau mengirim pesan langsung.

Pengguna juga dapat menghapus pengikut untuk mengurangi interaksi mereka dengan orang-orang yang menjengkelkan di Instagram. Saat pengikut dihapus, orang tersebut tidak akan diberi tahu tentang penghapusannya.

Satu-satunya cara mereka akan tahu adalah jika akun penghapus disetel ke 'Pribadi', dalam hal ini pengguna yang dihapus tidak akan lagi dapat melihat pos penghapus, dll. Juga, ketika seseorang dihapus sebagai pengikut, akun sebelumnya suka dan komentar akan tetap ada di kiriman penghapus.

Opsi untuk menghapus pengikut pada awalnya tidak tersedia untuk akun 'Publik', tetapi itu berubah beberapa tahun yang lalu ketika fitur tersebut diluncurkan untuk semua akun Instagram, terlepas dari apakah mereka disetel ke 'Publik' atau 'Pribadi.'

Untuk menghapus pengikut, ketuk avatar profil di sudut kanan bawah layar beranda Instagram, lalu pilih 'Pengikut' untuk melihat seluruh daftar pengikut. Sekarang cari pengikut yang perlu dihapus dan tekan tombol 'Hapus' di sebelah nama pengguna mereka.

Instagram akan meminta konfirmasi, jadi tekan 'Hapus' sekali lagi, kali ini pada menu geser, untuk mengonfirmasi keputusan. Setelah itu selesai, pengikut akan dihapus untuk selamanya.

Perlu dicatat bahwa bahkan setelah pengikut dihapus, mereka masih dapat berinteraksi dengan penghapus jika akun yang terakhir disetel ke 'Publik.' Namun, penghapusan akan memastikan bahwa konten yang terakhir tidak akan muncul lagi di umpan sebelumnya. Apakah pengikut yang dihapus akan dapat melihat posting atau Instagram Stories penghapus, maka akan tergantung pada pengaturan privasi yang terakhir.

Untuk akun publik, pengikut yang dihapus masih dapat melihat semuanya dan bahkan mengirim DM ke penghapus. Mereka juga dapat mengikuti kembali akun itu kecuali mereka diblokir untuk selamanya.

Untuk akun pribadi, pengikut yang dihapus tidak akan dapat berinteraksi dengan pengguna tersebut atau melihat konten mereka lagi. Mereka mungkin meminta untuk mengikuti kembali, tetapi permintaan itu harus diterima terlebih dahulu sebelum menjadi pengikut lagi.