Bagikan:

JAKARTA – Shadowban merupakan sistem pembatasan yang diterapkan di platform media sosial, termasuk Instagram. Ketika pengguna mengalami shadowban, traffic akun mereka akan menurun.

Misalnya, Story Anda biasanya mendapatkan jumlah penonton di atas seribu, tetapi salah satu konten Anda justru hanya mendapatkan seratus penonton. Kemungkinan besar, akun Anda mengalami shadowban.

Jika masalah itu terjadi, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menormalkan kembali akun Anda. Berikut ini tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan shadowban, dikutip dari Makeuseof.

Hapus Konten yang Melanggar Pedoman Komunitas Instagram

Salah satu alasan akun Anda diblokir adalah melanggar Pedoman Komunitas yang telah dibuat oleh Instagram. Cara paling tepat untuk menghilangkan shadowban adalah dengan menaati aturan tersebut.

Buka profil Anda dan cari konten apa pun yang berpotensi melanggar pedoman, seperti konten yang memperlihatkan kata-kata atau gambar tidak pantas, menyinggung, mendorong kebencian, hingga pelecehan.

Saat menemukan konten tersebut, ketuk titik tiga vertikal pada konten yang Anda rasa melanggar pedoman, kemudian pilih Hapus unggahan. Saat dihapus secara permanen, akun Anda mungkin akan dibebaskan dari shadowban.

Berhenti Menggunakan Tagar yang Melanggar Pedoman

Jika Anda sering menggunakan tagar di seluruh unggahan, coba untuk memeriksa apakah tagar tersebut melanggar Pedoman Komunitas Instagram atau tidak. Terkadang, pengguna tanpa sadar menggunakan tagar yang dilarang oleh pihak platform.

Cara sederhana untuk memeriksa tagar yang dilarang adalah dengan mengetikkan tagar di kotak pencarian Instagram. Jika tidak ada tagar yang muncul, berarti tagar tersebut memang dilarang oleh Pedoman Instagram.

Hentikan Akses Instagram dari Aplikasi Pihak Ketiga

Cara berikutnya yang bisa dilakukan jika akun Anda terkena shadowban adalah dengan berhenti mengakses Instagram dari pihak ketiga. Artinya, Anda tidak boleh menjadwalkan unggahan, melacak pengikut, atau menggunakan aplikasi lainnya untuk beraktivitas di Instagram.

Untuk melihat apakah akun Anda diakses melalui pihak ketiga, buka tampilan profil Instagram dan ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Kemudian, buka Pengaturan dan Privasi, lalu buka Izin Situs Web.

Setelah itu, pilih Aplikasi dan Situs Web untuk melihat aplikasi lain yang terhubung dengan akun Instagram Anda. Jika ada beberapa aplikasi pihak ketiga, segera cabut akses tersebut dengan mengeklik opsi Hapus.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan jika akun Anda terkena shadowban. Pastikan untuk terus mengikuti dan mematuhi Pedoman Komunitas yang dibuat Instagram agar akun Anda tetap aman dan terhindar dari shadowban.