Kerja Sama dengan Disney, Quantic Dream Disebut Bakal Buat Gim Star Wars Terbaru
Tiga gim produksi Quantim Dreams. (foto: gamebrott)

Bagikan:

JAKARTA – Quantic Dream, yang sukses mengembangkan gim Detroit: Become Human, diduga telah menandatangani kontrak dengan Disney untuk mengerjakan game Star Wars baru. Berita ini muncul setelah perusahaan yang berbasis di Paris itu menyelesaikan kesepakatan tiga game dengan Sony pada tahun 2019. Quantic Dream juga menjadi sepenuhnya independen sejak Februari lalu.

Didirikan oleh perancang dan penulis game Prancis, David Cage, pada tahun 1997, Quantic Dreams sebagian besar dikenal karena judul game berbasis naratifnya yang sering mengaburkan batas antara video game dan film interaktif.

Studio ini mendapatkan ketenaran dengan judul supernatural tahun 2005 Fahrenheit (dikenal di Amerika sebagai Indigo Prophecy) dan sejak itu mengasah pendekatan naratif interaktifnya dengan trio judul eksklusif di PlayStation, Heavy Rain (2010), Beyond: Two Souls (2013), Detroit: Become Human (2018).

Gim produksi Quantic Dreams dikenal karena menampilkan jalur bercabang dan banyak akhir, dan lebih terkenal lagi karena tikungan aneh yang muncul entah dari mana. Mereka juga memiliki studio dan pernah mengalami beberapa masalah hukum yang sangat nyata dengan tuduhan lingkungan kerja yang tidak aman di sekitar pembuatan Detroit: Become Human.

Jika laporan terbaru oleh VGC dapat dipercaya, Quantic Dream bisa menuju pembuatan gim Galaxy Far, Far, Away untuk petualangan interaktif penghancur genre berikutnya.

Awal pekan ini, Youtuber Prancis Gautoz mengklaim bahwa Quantic Dreams menandatangani kesepakatan eksklusif dengan Disney untuk mulai mengerjakan game Star Wars baru. “Orang dalam” di industri game terkemuka, Tom Henderson, tampaknya menguatkan klaim ini di Twitter,  saat memposting gambar mashup samar dua Lightsaber di depan Detroit: Become Human. Namun Daniel, menyatakan belum ada konfirmasi resmi tentang proyek misteri ini.

Desas-desus ini datang pada periode persimpangan untuk video game berbasis Star Wars, karena Lucasfilm baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri kesepakatan eksklusif dengan EA dan memungkinkan penerbit untuk mengajukan ide mereka sendiri untuk judul-judul baru yang ditetapkan di alam semesta Star Wars yang ikonik.

Selain sekuel yang diharapkan dari Star Wars Jedi: Fallen Order 2019 yang sukses dan remake yang baru-baru ini diumumkan untuk RPG klasik Star Wars 2003: Knights Of The Old Republic, Ubisoft saat ini sedang mengerjakan game Star Wars open-world, tetapi detail tentang apa judul baru gim ini masih sedikit dan jarang diketahui publik.

Tidak ada yang resmi mengkonfirmasi kerja sama antara Quantic Dreams dan Disney dalam pembuatan game Star Wars baru. Akan tetapi perlu dicatat bahwa Quantic Dreams tidak malu untuk mengeksplorasi tema filosofis yang mendalam seperti dalam gim berjudul Detroit: Become Human. Tema filosofis sendiri adalah sesuatu yang juga Star Wars akrabi selama ini mengingat perjuangan tanpa akhir antara Light dan Dark Sides of the Force adalah salah satu faktor pendorong utama dalam cerita waralaba Star Wars.

Pasti akan menarik untuk melihat apa yang dilakukan Quantic Dreams dengan alam semesta Star Wars, seandainya rumor studio yang mengerjakan game Star Wars baru ini menjadi kenyataan.