Rayakan Hari Star Wars, Disney Plus Tayangkan <i>Star Wars: The Rise of Skywalker</i>
Star Wars: The Rise of Skywalker (Lucasfilm)

Bagikan:

JAKARTA - Merayakan Hari Star Wars (Star Wars Day), Disney Plus akan merilis film Star Wars: The Rise of Skywalker pada Senin, 4 Mei. Sebelumnya, film ini dijadwalkan hadir di layanan streaming milik Disney itu pada Juli mendatang.

Bergabungnya The Rise of Skywalker ke Disney Plus menjadikan seluruh seri Skywalker - termasuk Star Wars: The Clone Wars dan Rogue One: A Star Wars Story - kini bisa disaksikan secara digital. Yang berbeda adalah cepatnya perpindahan The Rise of Skywalker ke digital dibandingkan film-film Star Wars lainnya.

Star Wars: The Rise of Skywalker baru tayang pada Desember 2019 sebagai penutup rangkaian trilogi yang disutradarai oleh J.J Abrams. Film ini mengakhiri perjalanan Luke Skywalker, Han Solo, Princess Leia, dan lainya setelah Return of the Jedi.

Selain menghadirkan seri terbaru Star Wars, Disney Plus merayakan 4 Mei atau May the Fourth dengan mengubah tampilan ikon profil di layanan streaming mereka dengan tokoh-tokoh Star Wars. Selain itu, seluruh poster film dan serial juga berubah menjadi artwork karya Ralph McQuarrie serta Doug Chiang yang merupakan pemenang Grammy untuk Visual Efek Terbaik.  Musim terakhir Star Wars: The Mandalorian juga dirilis pada hari ini untuk mengakhiri cerita yang dimulai sejak November 2019.

May the Fourth diinisiasi penggemar sebagai Hari Star Wars. Asal muasalnya adalah catchphrase 'May the Force Be With You' yang sering dikatakan oleh Master Jedi Obi-Wan Kenobi selama hidupnya. Kemudian, penggemar mulai merayakan 4 Mei setiap tahunnya meskipun tidak diresmikan Lucasfilm yang notabene kreator Star Wars.

Perayaan pertamanya dimulai pada 2011 bertempat di Ontario, Kanada yang diisi dengan game show, kontes kostum, dan parodi yang berkaitan dengan Star Wars. Kemudian, penggemar Star Wars mulai merayakan 4 Mei dengan berbagai cara baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Saat ini, pengguna Disney Plus bisa menyaksikan seri terakhir Star Wars itu. Bagi pengguna baru, ada 7 hari masa percobaan dilanjutkan dengan membayar sebesar 6 dolar Amerika Serikat.