Google Chrome Tak Lagi Berfungsi di Jutaan PC Windows Minggu Depan
Google akan mengakhiri dukungan browser Chrome- (foto: google)

Bagikan:

JAKARTA - Google akan mengakhiri dukungan browser Chrome-nya pada komputer yang menjalankan versi Windows lebih lama minggu depan. Keputusan ini akhirnya terjadi setelah sebelumnya ditunda pada 2021 lalu.

"Chrome 109 adalah versi terakhir Chrome yang akan mendukung Windows 7 dan Windows 8 / 8.1. (Sementara) Chrome 110 (untuk sementara dijadwalkan untuk rilis pada 7 Februari 2023) adalah versi pertama Chrome yang membutuhkan Windows 10 atau lebih baru," ungkap Google.

Google menambahkan, agar dapat terus menerima rilis Chrome di masa mendatang, pengguna harus menjalankan Windows 10 atau yang lebih baru untuk tetap mengakses Internet.

Artinya, jutaan pengguna akan kehilangan pembaruan penting dan dukungan teknis jika mereka masih menggunakan perangkat Windows 7 atau Windows 8.

Mengutip Mirror, Rabu, 4 Januari, meski berusia bertahun-tahun, diperkirakan 14 persen perangkat Windows masih menggunakan Windows 7, sehingga langkah Google itu akan memengaruhi banyak pengguna di seluruh dunia.

Microsoft sendiri menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020, dan sekarang tampaknya Google mengikuti pada browser web populernya.

Google awalnya berencana menghentikan dukungan untuk Chrome di Windows 7 dan 8 pada Juli 2021, tetapi menunda tenggat waktu dua kali hingga 10 Januari 2023.

Untungnya, pengguna Windows 7 masih bisa mengupgrade ke Windows 10 secara gratis dengan memanfaatkan alat bawaan Microsoft. Pengguna hanya membutuhkan salinan asli Windows 7 atau Windows 8 / 8.1.

Sebelumnya, file harus di cadangkan terlebih dahulu, pastikan semua perangkat keras sudah diperbarui, dan putuskan sambungan penyimpanan eksternal. Kemudian, kunjungi situs web Download Windows 10, klik Download Now lalu jalankan alat Media Creation.

Klik Upgrade This PC Now setelah muncul opsi. Diperlukan waktu sekitar satu jam untuk menginstal versi terbaru Windows 10. Dengan peningkatan ini, pengguna tidak hanya dapat terus menggunakan Chrome versi terbaru, tetapi juga akan mendapatkan banyak fitur baru.