Google Setop Dukungan Chrome untuk OS Windows 7
Wallpaper Windows 7 (Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Google akan menghentikan dukungan layanan browser Chrome, pada sistem operasi (OS) Windows 7. Artinya jutaan PC yang masih mengadopsi sistem OS tersebut tak dapat lagi mengakses laman Google Chrome.

Mengutip laman Metro.uk, Direktur Teknik Chrome, Max Christoff mengatakan jika ini menjadi keputusan yang sulit bagi Google. Mengingat 20,93 persen komputer saat ini masih menggunakan OS Windows 7.

"Setelah menilai situasi saat ini, dan berdasarkan umpan balik dari pelanggan perusahaan kami yang berharga, Chrome memperluas dukungan kami untuk Windows 7 hingga setidaknya 15 Januari 2022," tulis Max pada postingan blognya.

Google bukan tanpa alasan, raksasa teknologi itu berdalih karena Microsoft sendiri sudah tidak mendukung lagi Windows 7 yang diluncurkan pada 2009 silam.

Itu artinya, siapa pun yang masih menggunakan sistem perangkat lunak lawas, dapat membahayakan diri mereka sendiri karena adanya kerentanan keamanan.

"Itu sudah diperpanjangan 6 bulan dari tanggal yang kami komunikasikan sebelumnya, yakni 15 Juli 2021. Kami akan terus mengevaluasi kondisi yang dihadapi pelanggan perusahaan kami, dan mengomunikasikan setiap perubahan tambahan di masa mendatang," imbuhnya.

Google menyarankan pengguna untuk meningkatkan sistem operasi terbarunya ke Windows 10. Sehingga gawai laptop atau PC komputer tetap bisa menggunakan laman browser Chrome.