Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja mengonfirmasi akan mengakhiri dukungan Chrome untuk Windows 7 dan Windows 8.1 di awal tahun depan. Dengan ini, pengguna tidak lagi dapat menginstal versi browser yang lebih baru.

Hal itu karena Google berencana mengenalkan Chrome 110 sekaligus menjadi tanda perusahaan mengakhiri dukungan untuk versi OS Windows yang lebih lama.

Versi 110 dari browser yang saat ini diklaim membentuk sekitar dua pertiga dari pasar desktop. Diklaim, Google akan meluncurkannya pada 7 Februari 2023.

Perusahaan meminta pengguna untuk segera meningkatkan sistem operasi mereka ke yang lebih baru seperti Windows 10 atau Windows 11 agar terus mendapatkan pembaruan Chrome.

Mengutip TechRadar, Rabu, 26 Oktober, Google menghentikan pengiriman fitur baru untuk Windows 7 pada Januari 2020 saat perusahaan beralih ke periode Pembaruan Keamanan Tambahan (ESU) tiga tahun, yang akan berakhir pada Januari 2023. Ini sejalan dengan rencana Google untuk mengakhiri dukungan untuk OS.

Sementara Windows 8.1 akan mencapai akhir periode dukungannya pada Januari 2023, dan tidak akan melihat peluncuran program ESU, menandai akhir masa pakainya.

Berdasarkan data Statcounter yakni layanan analisis, sebanyak 13,31 persen dari semua pengguna Windows pada September 2022 masih menjalankan versi 7 atau 8.1, dibandingkan dengan 13,61 persen yang menggunakan Windows 11 terbaru.