Aplikasi Zoom di Chromebook akan Dimatikan Mulai Bulan Agustus
Aplikasi Zoom akan segera dimatikan di laptop Chromebook (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Zoom sudah menjadi aplikasi panggilan video atau meeting online yang sering kita gunakan pada masa pandemi COVID-19 beberapa tahun ini. 

Namun sayangnya, Zoom akan berhenti beroperasi di Chromebook mulai bulan Agustus nanti. Kabar tersebut didapatkan dari pemberitahuan yang ditemukan oleh 9to5google.

"Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA baru untuk bergabung ke rapat di ChromeOS." tulis pemberitahuan tersebut, dikutip Senin, 20 Mei. 

Dengan demikian, pengguna chromebook tidak lagi menggunakan aplikasi Zoom di laptopnya. Namun sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan Zoom Progressive Web App (PWA). Artinya, pengguna yang memakai Zoom di ChromeOS harus mengaksesnya melalui web. 

Zoom untuk Chrome PWA adalah versi yang lebih lengkap dari aplikasi aslinya dan yang bertindak lebih seperti yang ditawarkan Zoom di Windows dan macOS.

Alasan Aplikasi Zoom Dimatikan

Aplikasi Zoom dikatakan sebagai aplikasi "tradisional" Chrome yang terlalu lama dan tidak relevan lagi. 

Selain itu, Zoom di chromebook sudah ada sejak 2021, dengan menyediakan akses sederhana ke rapat dan tanpa fitur tambahan, itu juga yang menyebabkan Zoom dimatikan karena masih menggunakan teknologi yang sudah tua. 

Di sisi lain, Google mengumumkan pada Agustus 2020 bahwa mereka akan menghapus aplikasi Chrome di semua platform. Untuk Windows, Mac, dan Linux, dukungan berakhir pada Juni 2021.

Mulai Juni 2022, Google juga mencabut aplikasi Chrome di Chrome OS. Aplikasi baru tidak lagi diterima dan semua aplikasi yang ada tidak akan lagi terdaftar di Toko Web Chrome. Mengingat hal ini, wajar jika Zoom akhirnya mematikan aplikasinya.