Discord Luncurkan Fitur Text Chat, Pengguna Jadi Lebih Mudah Ngobrol di Voice Channel
Pengguna Discord kini mudah berbagi pesan dengan orang lain melalui fitur baru, Text Chat di Voice Channel. (foto; dok. discord)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Discord saat ini lebih mudah berbagi pesan dengan orang lain melalui fitur baru, Text Chat di Voice Channel. Alat baru ini adalah fitur obrolan teks seperti Zoom khusus untuk saluran suara Discord. Dengan fitur anyar tersebut, pengguna dapat mengirim tautan, teks, GIF, emoji, dalam obrolan selama panggilan video mereka.

Server komunitas akan memiliki jangka waktu di mana mereka dapat memilih atau menonaktifkan fitur agar tidak ditayangkan. Sementara, untuk server yang belum disetel ke status Komunitas yaitu, hanya server penggunaan pribadi, pengelola dapat ikut serta jika mereka merasa nyaman.

Ada pula ikon gelembung obrolan khusus baru bagi mereka yang ingin memasukkan pesan dalam obrolan suara. Ketika seseorang mengaktifkan obrolan di Voice Channel, maka akan ada tampilan pesan baru di sudut kanan atas.

Mereka yang tidak bergabung dalam panggilan juga dapat memeriksa pesan, di mana mereka dapat menekan tombol obrolan sambil mengarahkan kursor ke saluran suara.

Melansir 9to5Mac, Kamis, 2 Juni, sebelum Text Chat tiba di Voice Channel, pengguna harus membuat saluran obrolan terpisah untuk mengirim tautan atau mengetik pesan.

Hal itu tentu saja bisa merepotkan dan bahkan membingungkan bagi mereka yang ingin terlibat dengan panggilan suara melalui teks.

Fitur baru ini membuat percakapan tetap mengalir dan lebih baik dalam Discord serta gratis untuk semua server. Semua server akan mengaktifkan Text Chat paling lambat pada 29 Juni.

Terakhir, Voice Channel juga sekarang akan memiliki akses ke izin berbasis teks yang sama dengan saluran teks. Dalam kategori baru yang disebut Voice Channel Chat Permissions, pengguna dapat Kirim Pesan, Tambahkan Reaksi, Gunakan Emoji Eksternal, dan Gunakan Stiker Eksternal.