Cara Mudah Aktivasi Sistem Operasi Windows 10 di Komputer atau Laptop
Cara aktivasi Windows 10 (Bukalapak)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga saat ini, meskipun Microsoft telah merilis sistem operasi terbaru yakni Windows 11.

Hingga kuartal pertama 2021, setidaknya ada lebih dari 1,4 miliar pengguna komputer yang memakai sistem operasi Windows 10. Hal itu disebabkan Windows 10 memiliki fitur yang canggih, dinamis, dan kompatibel di hampir semua perangkat komputer.

Hal itu pun membuat pengguna Windows 10 bisa lebih mudah melaksanakan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja dari rumah, mengerjakan tugas sekolah, atau hal-hal lainnya yang membutuhkan perangkat komputer.

Terlebih, sejak masa pandemi banyak pekerjaan yang dilakukan dari rumah atau Work From Home. Hal itu pun membuat penggunaan laptop untuk bekerja jadi lebih besar, karena orang-orang kemudian melakukan kegiatan meeting secara online.

Menggunakan komputer sistem operasi Windows 10 pun dapat mempermudah pengguna untuk mengerjakan tugas dari kantor dan aktivitas lainnya. Pasalnya, tampilannya yang simpel membuat pengguna jadi lebih mudah apabila harus menggunakan fitur atau aplikasi baru untuk mendukung pekerjaan.

Namun, tidak semua komputer atau laptop secara otomastis menggunakan sistem operasi Windows 10, terutama perangkat versi lawas. Selain itu, komputer atau laptop yang diproduksi pada Oktober 2021 juga sudah menggunakan sistem operasi Windows 11, sehingga Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Windows 10, berikut ini adalah cara aktivasi yang telah disusun tim VOI dari berbagai sumber dan dapat Anda ikuti.

Cara Aktivasi Windows 10 dengan Product Key

Sebelum mengaktifkan sistem operasi Windows 10 di komputer atau laptop, Anda harus memeriksa status aktivasi Windows di perangkat Anda terlebih dahulu.

Pengguna dapat masuk ke menu "Setting", dan selanjutnya pilih menu "Update & Security". Pilih menu "Activation", dan Anda dapat melihat status aktivasinya.

Jika sudah, Anda dapat memasukkan lisensi "Product Key" yang bisa didapatkan dengan membeli di situs resmi Microsoft. Anda pun dapat memasukkannya ke dalam komputer Anda, kemudian klik tombol "Windows" pada keyboard komputer dan pilih menu "Setting".

Selanjutnya, pilih menu "Update & Security", kemudian pilih "Aktivasi". Pada langkah berikutnya, Anda dapat klik "Change Product Key".

Akan muncul jendela "Pop-Up" yang berisi kolom Product Key. Isi kolom tersebut, lalu klik "Selanjutnya", kemudian klik "Activate".

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan aktivasi sistem operasi Windows 10, di perangkat komputer atau laptop Anda untuk mempermudah pekerjaan yang Anda lakukan.