Pengguna Windows 10 dan Windows 11 Protes Ada Spotify Terpasang Otomatis Usai Mereka Update Sistem Operasi
Pengguna Windows 10 dan Windows 11 di Personal Computer (PC) tidak senang dengan kehadiran Spotify . (foto: dok, microsift)

Bagikan:

JAKARTA - Tampaknya pengguna Windows 10 dan Windows 11 di Personal Computer (PC) tidak senang dengan kehadiran Spotify saat mereka selesai menginstal sistem operasi anyar milik Microsoft itu.

Dari laporan beberapa pengguna di media sosial, Spotify diinstal secara otomatis dan berjalan saat sistem dimulai, dan mengajak pengguna untuk masuk ke akun atau mendaftar untuk akun baru mereka,

Mulai dari Twitter, Reddit dan situs lainnya menjadi wadah protes pengguna terhadap aplikasi Spotify yang muncul di perangkat Windows tanpa persetujuan pengguna.

Beberapa pengguna juga meninggalkan ulasan negatif di Microsoft Store, mereka tidak ingin aplikasi streaming musik itu diinstal begitu saja dan mereka pun meminta pihak Microsoft untuk menjelaskan bagaimana aplikasi itu diinstal secara otomatis ke sistem mereka.

“Siapa saja yang menjalankan Windows 11 secara acak, Spotify mulai diluncurkan saat startup meskipun belum pernah menggunakannya sebelumnya?,” tweet seorang pengguna di Twitter yang dikutip dari Windowslatest, Jumat, 30 September.

“Apakah Windows memaksakan Spotify pada orang lain dalam beberapa hari terakhir? Terlalu banyak kendali yang diambil oleh Microsoft sekarang, saya pikir, saatnya untuk memasukkan SSD baru ini ke dalam kotak Linux saya dan menggunakannya untuk tugas sehari-hari (selain Steam),” kicau pengguna Twitter lainnya.

Namun, belum diketahui pasti apakah ini hal yang disengaja oleh Microsoft atau bug. Kemungkinan besar ini juga adalah fitur baru, karena memang perusahaan memiliki kendali penuh atas aplikasi yang diunduh dari Store. Baik Microsoft maupun Spotify belum menanggapi hal ini.

Untuk menghapus aplikasi Spotify, berikut ini cara yang dikutip dari GHacks bagaimana aplikasi dapat dihapus.

1. Buka aplikasi Pengaturan dengan mengklik Mulai lalu Pengaturan, atau dengan menggunakan pintasan keyboard Windows-I.

2. Beralih ke Aplikasi klik Aplikasi & Fitur.

3. Cari Spotify di daftar aplikasi atau telusuri daftar untuk menemukan aplikasi yang diinstal.

4. Aktifkan menu (tiga titik) di sebelahnya dan pilih opsi uninstall.

5. Konfirmasikan prompt uninstall untuk memulai penghapusan aplikasi dari sistem. Kemudian Spotify akan dihapus secara otomatis selama proses.