Daftar Kekurangan dan Kelebihan Windows 11 yang Akan Dirasakan oleh Pengguna
Ilustrasi menggunakan Windows 11 (foto; dok Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Windows 11 memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hal itu juga dirasakan oleh masyarakat yang sehari-hari menggunakan laptop atau PC sebagai penunjang pekerjaan atau aktivitas lain. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan Windows 11.

Kekurangan dan Kelebihan Windows 11

Perusahaan teknologi Microsoft belum lama ini meluncurkan sistem operasi untuk laptop dan PC-nya yakni Windows 11. Pengumuman diumumkan pada bulan juni 2021. Kelahiran Windows seri baru ini merupakan penerus dari sistem operasi generasi sebelumnya yakni Windows 10.

Kekurangan Windows 11

Meski jadi versi paling baru, bukan berarti Windows 11 tak memiliki kekurangan Berikut beberapa kekurangan yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda.

  • Tak Semua Perangkat Support Windows 11

Ternyata tidak semua laptop atau PC bisa menggunakan sistem operasi Windows 11. Microsoft menetapkan bahwa untuk menjalankan Windows 11 piranti harus memiliki sejumlah syarat atau standard minimum.

Salah satu syarat perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi ini adalah adanya fitur Trust Platform Module (TPM) 2.0. Fitur ini berbentuk chip yang tertanam pada laptop dan berfungsi untuk menangkal serangan malware sehingga keamanan komponen hardware bisa lebih terjamin. Anda harus memastikan bahwa perangkat memiliki fitur TPM.

  • Butuh Pembiasaan Saat Menggunakan Menu Start

Selama ini menu start berada di sebelah kiri bawah. Namun pada Windows 11 posisi menu “Start” berada di tengah. Bagi sebagian orang perubahan tersebut tidak dipermasalahkan, namun bagi sebagian orang lain butuh pembiasaan lagi.

  • Penempatan Menu “Search” Berubah

Selain menu Start, menu pencarian atau Search juga berubah. Penempatan menu pencarian tidak jadi satu dengan menu Start. Anda bisa menemukan menu tersebut dengan klik ikon pencarian di bagian taskbar.

  • Update Lebih Lama

menunggu waktu Update kadang jadi hal yang menjengkelkan. Sayangnya waktu yang dibutuhkan saat update Windows 11 disebut lebih lama. Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan pembaruan sistem operasi ini.

  • Widget News Tak Bisa Disable

Windows 11 kembali menampilkan widget news. Ada pengguna mengeluhkan bahwa widget tersebut tak bisa diubah ke mode disable sehingga dinilai cukup mengganggu.

Kekurangan Windows 11

Meski memiliki beberapa kekurangan, Windows 11 juga memberikan pengalaman baru dan fitur baru untuk penggunanya, yakni sebagai berikut.

  • Interface Tidak Monoton

Berbeda dari pendahulunya, interface pada Windows 11 terkesan lebih elegan, sederhana, namun tidak meninggalkan kesan modern. Banyak pengguna yang menyukai interface baru ini karena dinilai tak memperumit pandangan.

  • Tersinkron dengan Android

Salah satu fitur yang cukup menggembirakan adalah bahwa Windows 11 bisa sinkron dengan sistem opearsi Android. Namun tidak semua sistem Android yang bisa sinkron, hanya versi 7.0 ke atas saja.

  • HDR Mode

Yang menarik dari sistem operasi ini adalah adanya HDR Mode. Fitur ini memungkinkan tampilan pada layar jadi lebih jernih, realistis, dan tak menyakiti mata. Pengguna benar-benar dimanjakan dengan sistem operasi ini.

  • Keberadaan Fitur Snap Layouts

Fitur ini cukup membantu saat Anda sedang membuka jendela atau multi-tasking. Adanya fitur snap layouts pengguna tak perlu mengatur banyak jendela secara manual, semua bisa dilakukan secara otomatis.

  • Mempercepat Loading Game

Windows 11 memiliki fitur Direct Storage yang diadopsi dari console Xbox Series X . Fitur ini mampu mempercepat durasi loading game serta meningkatkan frame rate/FPS saat masuk ke game.

Itulah informasi terkait kekurangan serta kelebihan Windows 11. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.