Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Windows Media Player harus berlapang dada karena Microsoft akan menggantikan aplikasi pemutaran media tersebut dengan Media Player.

Meski hanya nama "Windows" yang hilang dalam aplikasi tersebut, tetapi bukan berarti Media Player hadir tanpa perubahan tampilan. Aplikasi ini dirancang untuk pemutaran musik dan video menggantikan Windows Media Player dan Groove Music pada Windows 11.

Tujuan Microsoft dengan aplikasi Media Player adalah membuat pemutar media serba guna sederhana untuk musik dan video yang menyertakan UI (user interface) diperbarui, lebih sesuai dengan desain modern Windows 11.

Pengguna tidak perlu takut koleksi musik dan daftar putar mereka akan menghilang, nantinya itu semua akan bermigrasi secara otomatis ke Media Player.

Dihimpun dari Engadget, Kamis, 18 November, Microsoft mengatakan pengguna akan dapat dengan cepat menelusuri perpustakaan mereka untuk menemukan apa yang ingin mereka dengarkan, dan membuat serta mengelola daftar putar.

Selama lagu diputar, mereka akan melihat sampul album dan gambar dari penyanyi lagu tersebut dalam mode layar penuh dan pemutar mini. Aplikasi ini juga akan menambahkan file dari folder musik dan video PC pengguna. Melalui pengaturan, pengguna dapat memberi tahu Media Player tempat lain untuk mencari musik untuk dibawa ke perpustakaan.

Ada juga opsi yang berfokus pada aksesibilitas di aplikasi. Microsoft menyatakan itu termasuk peningkatan pintasan keyboard dan dukungan tombol akses untuk pengguna keyboard dengan teknologi bantu lainnya. Meski begitu, pengguna masih dapat mengakses Windows Media Player versi lama melalui Windows Tools.