Windows 11 Akibatkan Perangkat dengan Prosesor AMD Ryzen <i>Lemot</i>
Bug mencegah Windows menggunakan fitur preferred core AMD dengan benar. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Pekan ini Microsoft baru saja meluncurkan Windows 11. Akan tetapi, beberapa pengguna dengan komputer prosesor Ryzen mengeluhkan sejumlah masalah pada perangkat mereka usai menginstal sistem operasi anyar tersebut.

Dalam unggahan blog resmi AMD, perusahaan memperingatkan pemilik Ryzen yang menginstal atau mengupgrade ke Windows 11, mungkin mereka akan merasakan aplikasi yang mereka gunakan melambat.

Hal ini disebabkan oleh bug Windows 11 yang memengaruhi prosesor Ryzen secara khusus, menyebabkan CPU melambat sebesar 15 persen, sebagaimana dikutip dari Gizmodo, Sabtu, 9 Oktober.

Tidak sampai di situ, masalah ini juga memengaruhi akses aplikasi ke cache L3 dengan meningkatkan latensi sebanyak tiga kali. Artinya, aplikasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakses memori yang pada akhirnya memengaruhi kinerjanya.

Aplikasi pada umumnya akan mengalami penurunan performa sebesar 3 hingga 5 persen, tetapi gim esports dapat mengalami perlambatan hingga 10 hingga 15 persen.

Bug lainnya mencegah Windows menggunakan fitur preferred core AMD dengan benar. Fitur ini adalah bagaimana prosesor memberi tahu OS inti mana yang dapat mencapai kecepatan clock tertinggi.

Sementara itu, aplikasi yang hanya menjalankan beberapa utas akan terpengaruh, tetapi tidak jelas seberapa banyak. AMD memang mengatakan bahwa efeknya akan paling terasa pada prosesor dengan 8 core atau lebih dan TDP di atas 65W.

AMD telah mengakui masalah ini dan bekerja sama dengan Microsoft untuk menyelesaikannya. Perbaikan diharapkan akan tiba pada akhir bulan, jika tidak ada halangan. Terlebih, semua tergantung pada jenis CPU yang dimiliki dan perangkat lunak apa yang dijalankan. Disarankan, untuk menunda pembaruan ke Windows 11 hingga perbaikan diluncurkan.