Windows 11 Kurang Maksimal untuk Prosesor AMD Ryzen, Microsoft Siapkan Pembaruan
Windows 11 Kurang Maksimal untuk Prosesor AMD Ryzen (uzone)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Microsoft secara resmi merilis sistem operasi paling mutakhir mereka Windows 11, yang diproyeksikan untuk menggantikan versi terdahulunya Windows 10 pada 5 Oktober 2021.

Namun, belum genap sepekan diresmikan sistem operasi Windows 11 sudah dikeluhkan oleh pengguna yang menggunakan PC atau laptop dengan basis prosesor AMD Ryzen.

Sebelumnya, pihak Microsoft telah melaporkan bahwa chip AMD dapat mengalami penurunan performa hingga 15% jika menggunakan sistem operasi Windows 11 meskipun dalam beberapa kasus hal itu tidak berpengaruh signifikan.

Dikutip dari Gizmochina, ada 2 masalah utama yang mengganggu performa prosesor AMD yang menggunakan sistem operasi Windows 11. Pertama Windows 11 dapat melipatgandakan latensi cache L3.

Masalah kedua adalah teknologi “inti pilihan” AMD, yang biasanya bertujuan untuk mengalihkan thread ke inti tercepat pada prosesor juga mengalami penurunan performa jika digunakan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Windows 11.

Jika latensi cache 13 dilipatgandakan, maka performa perangkat akan menurun hingga 3-5%. Bahkan untuk perangkat yang digunakan untuk gaming atau eSport bisa mengalami penurunan performa hingga 15%.

[/see_also]
- https://voi.id/teknologi/92883/cara-mudah-menonaktifkan-notifikasi-grup-whatsapp-yang-mengganggu
- https://voi.id/aktual/92881/cara-membuat-tampilan-windows-11-seperti-windows-10
- https://voi.id/teknologi/92882/update-whatsapp-ke-versi-terbaru-supaya-data-pengguna-lebih-aman-dengan-cara-in
[/see_also]

Sementara masalah yang timbul pada teknologi AMD, pengguna dapat melihat kinerja pada tugas yang bergantung pada CPU, terutama pada prosesor yang lebih delapan inti sekitar 65W TDP.

Pihak AMD dan Microsoft pun telah mengkonfirmasi masalah tersebut dan sedang menyelidikinya. Mereka pun bakal berupaya untuk segera melakukan penyelesaian dengan memperbaharui perangkat lunak.

Kedua perusahaan pun berjanji akan menyelesaikan masalah yang ditimbulkan prosesor AMD saat digunakan di perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 11.

Rencananya Microsoft akan merilis Windows 11 versi update pada akhir Oktober 2021, dan diharapkan tidak ada masalah lagi masalah penurunan performa untuk prosesor AMD Ryzen.

Kedua perusahaan pun sepakat untuk melakukan pembaruan Windows dan perangkat lunak yang sudah disiapkan. Pembaruan itu pun diklaim dapat mengatasi masalah performa yang dialami oleh PC atau Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows 11 dan prosesor AMD Ryzen.

Sementara itu, selama menunggu pembaruan Windows 11 oleh Microsoft pengguna disarankan untuk tidak melakukan update perangkat lunak terlebih dahulu atau tetap menggunakan Windows 10.

Jika pengguna Windows mendapat notifikasi untuk melakukan pembaruan, Anda dapat mengabaikannya hingga Microsoft menyelesaikan masalah pada sistem operasi terbaru mereka.

Adapun untuk pengguna yang tidak menggunakan prosesor AMD Ryzen dapat terus menggunakan sistem operasi Windows 11 yang sudah dirilis sejak 5 Oktober 2021, dan komputer dapat berjalan dengan lancar.