Bocoran Fitur Windows 12: Ini yang akan Dihadirkan Microsoft untuk Menyokong Produktifitas
Ilustrasi tampilan Windows 12 (Foto: Dok. Microsoft)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Intel dan Microsoft disinyalir sedang mempersiapkan Sitem Operasi (OS) terbaru, Windows 12. Terkait hal ini, bocoran fitur Windows 12 sudah beredar luas di media sosial.

Lantas, fitur apa saja yang akan dihadirkan Microsoft di sitem operasi Windows 12? Berikut rangkuman rumornya, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 17 Maret 2023.

Bocoran Fitur Windows 12

  1. Windows 12 bakal dibekali AI

Akun @leaf_hobby yang dikenal sebagai pembocor handal hardware Intel, mengungkapkan informasi tentang platform desktop Intel Meteor Lake yang diklaim akan mendukung Windows 12. Sebuah rumor juga menyebutkan, Windows 12 akan fokus pada Kecerdasan Buatan (AI).

Cuitan @leaf_hobby di Twitter diperkuat oleh kepala pemasaran konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi belum lama ini menyatakan akan ada potensi AI dalam pengalaman Windows.

Dimulai pada Windows 11 mencakup fitur bertenaga AI seperti integrasi Bing dan konten yang direkomendasikan untuk pengguna bisnis. Microsoft juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur gerakan pintar bertenaga AI untuk Windows 12.

Menurut laporan The Verge, jika Microsoft benar-benar berencana untuk menggunakan AI versi berikutnya dalam OS-nya secara lebih luas, perusahaan perlu bekerja sama dengan mitra perangkat keras seperti Intel dan AMD.

Tujuannya, tentu saja untuk mengoptimalkan chip yang dapat menangani beban kerja AI. Itu mungkin menjelaskan mengapa Intel dilaporkan menyebutkan Windows 12 secara internal.

Perlu diingat, informasi di atas baru sebatas rumor semata. Pasalnya, Intel dan Microsoft belum mengonfirmasi soal bocoran fitur di Windows 12.

Sekedar informasi tambahan AMD baru-baru ini meluncurkan prosesor seluler Ryzen 7000 dilengkapi dengan chip x86 pertama berisi mesin AI khusus yang dapat mendukung Microsoft Windows Studio Effects.

Fitur-fitur ini, termasuk penghilang kebisingan latar belakang dan kontak mata, biasanya hanya tersedia untuk perangkat keras bertenaga Arm yang dapat menjalankan fitur dengan unit pemrosesan saraf (NPU) khusus.

  1. Tampilan antara muka mirip desain McOS

Tampilan antar muka Windows 12 juga bocor di media sosial. Gambar yang beredar memperlihatkan desain antar muka (UI) Windows tampak mirip dengan desain MacOS.

Dikutip dari GizChina, sistem operasi yang kabarnya diberi nama kode “Next Valley” itu disebut bakal menghadirkan taskbar transparan di bagian atas layar.

Sama seperti MacOS, taskbar ini memuat informasi cuaca, Wi-Fi, daya baterai, tanggal, dan penunjuk waktu.

Menurut rumor yang beredar, Microsoft bakal menghadirkan kolom pencarian di bagian tengah taskbar. Penempatan kolom search ini berbeda dengan Windows 11 yang diposisikan di taskbar bawah.

  1. Windows Explorer dan Notepad bakal punya fitur tabs

Sedianya, fitur tabs yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking sudah dijejalkan ke dalam Windows Explores dan Notepad di Windows 11.

Nah, menurut desas-desus yang beredar, Windows 12 juga akan mengadaptasi fitur tersebut untuk meningkatkan produktifitas.

Microsoft diprediksi bakal menghadirkan pembaruan Windows Explorer lainnya untuk generasi penerus Windows 11. Kendati demikian, belum ada bocoran spesifik terkait pembaruan yang dimaksud.

Tak cukup sampai disitu, Windows juga diprediksi akan menghadirkan dukungan untuk perangkat layar sentuh dan keyboard serta penempatan kontrol di tab pengaturan.

Demikian informasi tentang bocoran fitur Windows 12. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.

Terkait