Bagikan:

JAKARTA - Microsoft secara tidak sengaja membocorkan alat untuk mengakses fitur Windows 11 yang tersembunyi dengan cara yang sama seperti para peneliti perusahaan menguji perangkat lunak yang belum dirilis.

Dinamai StagingTool, alat ini dapat digunakan teknisi dan penguji Microsoft untuk mencoba fitur yang masih dibuat, serta mengesampingkan pengujian A/B untuk mendapatkan akses ke fitur terlepas dari mendapatkannya secara resmi atau tidak dalam perangkat lunak Windows 11 Insider Preview.

StagingTool ditemukan dalam pencarian bug bash di Hub Umpan Balik, di mana tautan ke alat tersebut disertakan tetapi hanya ditujukan untuk penguji internal.

Meskipun ada versi pihak ketiga dari alat itu, yang dapat menemukan dan mengaktifkan fitur tersembunyi di dalam perangkat lunak pengembangan, termasuk ViveTool dan Mach2, StagingTool pada dasarnya adalah versi resmi Microsoft.

Namun, alat ini tidak dimaksudkan untuk penggunaan umum. Sejak alat itu terlihat oleh publik, Microsoft langsung menutup pencarian bug bash, tetapi StagingTool sudah banyak dibagikan di Internet.

Mereka yang telah mengakses StagingTool menggambarkannya sebagai antarmuka baris perintah. Alat ini memerlukan ID fitur, yang banyak di antaranya dapat ditemukan di GitHub.

ID fitur berfungsi mengaktifkan atau menonaktifkan fitur, tergantung pada build Windows 11 Insider Preview yang dirilis.

Detail lain yang muncul dalam bocoran tersebut termasuk Momen, yang mungkin merupakan nama masa depan dari penurunan fitur Windows 11. Demikian dikutip dari Windows Central dan Digital Trends, Kamis, 4 Agustus.