Microsoft akan Hadirkan Perombakan Besar dan Fitur Baru untuk File Explorer di Windows 11
Microsoft dilaporkan akan menghadirkan perombakan besar antarmuka (UI) untuk File Explorer di Windows 11. (fotro: dok. windows cental)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft dilaporkan akan menghadirkan perombakan besar antarmuka (UI) untuk File Explorer di Windows 11. Tak ketinggalan, beserta fitur-fitur anyarnya.

Perombakan tersebut, akan mencakup desain modern agar sesuai dengan Windows 11 lainnya dan fitur untuk mengintegrasikan Microsoft 365 dan OneDrive secara lebih mendalam

Dilaporkan pertama kali oleh Windows Central, salah satu perubahan yang akan datang itu adalah menampilkan beberapa file yang Direkomendasikan baru di layar Utama.

File itu diambil dari lokasi SharePoint dan OneDrive, kemudian ditampilkan dengan gambar mini besar sehingga pengguna akan memiliki tampilan yang lebih jelas dari file yang direkomendasikan.

Integrasi ini juga semakin dalam, karena panel Detail file juga dimodernisasi untuk menampilkan lebih banyak informasi. Di sana, pengguna akan dapat melihat aktivitas terbaru pada file yang dibagikan, serta komentar terbaru pada file, baik file tersebut dibagikan melalui cloud atau melalui email.

Salah satu gambar yang dibagikan juga menunjukkan bagian untuk file terkait, yang memberi pengguna lebih banyak konteks untuk kasus tertentu yang mungkin sedang mereka kerjakan.

Lebih lanjut, perubahan UI halus juga hadir yang membawa seluruh desain Windows 11, dengan tombol bulat dan elemen yang lebih ramah sentuhan.

Microsoft jarang mengubah File Explorer sejak Windows 8, tetapi perubahan terbaru muncul pada Oktober tahun lalu untuk menghadirkan dukungan tab di pembaruan besar Windows 11 terbaru.

Microsoft juga dilaporkan sedang mengerjakan area galeri baru dari File Explorer, yang akan mencakup pratinjau foto yang lebih besar. Hadir juga pembaruan pada fitur penandaan untuk File Explorer, pengguna dapat memberi tag dan mengatur file di aplikasi macOS Finder.

Namun melansir The Verge, Kamis, 26 Januari, Microsoft belum secara resmi mengakui perubahan File Explorer baru ini, tetapi bagian dari kode yang terkait dengan perubahan itu terlihat di-build pengujian Windows 11 baru-baru ini.

Perusahaan yang telah mengumumkan PHK pada 10.000 karyawannya itu sekarang telah beralih ke pengujian lebih banyak fitur eksperimental di dalam Windows 11, yang mungkin tidak selalu dikirimkan, tetapi perubahan File Explorer ini dikabarkan akan diluncurkan pada akhir 2023.