Microsoft Uji Coba Fitur Split-Screen untuk Browser Edge
Microsoft mulai menguji fitur dua layar atau layar terbagi (split-screen) pada satu jendela. (foto: tangkapan layar citra)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft sekali lagi memahami kebutuhan pengguna, di mana mereka mulai menguji fitur dua layar atau layar terbagi (split-screen) pada satu jendela sekaligus untuk aplikasi browser, Edge di Windows.

Dengan fitur baru ini, pengguna dapat membandingkan dua tab secara bersamaan. Pertama kali ditemukan oleh pengguna Reddit, Leopeva64-2, fitur tersebut tersedia dalam bendera eksperimental di versi beta, dev, dan canary Microsoft Edge.

Setelah diaktifkan, tombol baru akan muncul di samping bilah alamat, yang akan membagi jendela Edge menjadi dua tab terpisah secara berdampingan.

Meskipun pengguna sudah dapat membandingkan tab di samping satu sama lain di Windows dengan menyeret tab dan kemudian menggunakan tampilan terpisah Windows bawaan untuk menempatkannya berdampingan, hal ini bisa sangat merepotkan.

Tampilan terpisah bawaan di Edge membuatnya lebih mudah dalam satu klik, tanpa harus mengatur ulang tab pengguna atau membuka jendela baru browser.

Setelah pengguna membagi tab yang ada menjadi satu jendela, itu membuat satu tab dengan halaman web gabungan. Artinya, pengguna dapat membuat beberapa tab terpisah di Edge dan menavigasinya, seperti dikutip dari The Verge, Rabu, 25 Januari.

Mereka juga dapat menyematkan tab berdampingan ini, menggandakannya, atau menambahkannya ke grup seperti yang dilakukan pada tab biasa. Fitur layar terbagi sangat berguna jika pengguna secara teratur membandingkan dokumen atau halaman web.

Selain merilis uji beta pada sebagian pengguna kecil di Windows, Microsoft saat ini juga sedang menguji fitur itu di macOS dan Linux. Belum diketahui kapan perusahaan akan merilisnya secara resmi.