Microsoft Uji Coba Fitur yang Bisa Blokir Pemutaran Video Otomatis di Edge
Microsoft Edge telah menawarkan opsi terbatas untuk mengontrol putar otomatis video. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika menjelajah internet sering kali menemukan video yang diputar secara otomatis, dan ini cukup mengganggu. Tetapi, Microsoft akhirnya mendengarkan keluhan para pengguna browser Edge-nya.

Saat ini perusahaan dikabarkan sedang menguji fitur baru di Edge yang mengizinkan pengguna memblokir video putar otomatis. Uji coba itu terlihat di Edge Insiders di saluran Canary.

Penambahan fitur tersebut melengkapi opsi izinkan dan batasi yang sudah ada sebelumnya, membentuk rangkaian alat yang komprehensif untuk mengelola pemutaran otomatis video web di Edge.

"Kami telah mulai membuat fitur ini tersedia untuk beberapa pengguna Canary kami dan akan terus menyediakannya untuk lebih banyak pelanggan dalam beberapa minggu mendatang,” ujar tim Microsoft Edge.

Menurut tim, umpan balik dari para penggunanya sudah mereka terima yang meminta perusahaan untuk menghadirkan fitur pemblokiran putar otomatis video yang disempurnakan.

Sebelumnya, tim Microsoft Edge telah menawarkan opsi terbatas untuk mengontrol putar otomatis video berdasarkan interaksi pengguna sebelumnya dengan situs web.

Mereka sekarang telah mulai meluncurkan opsi pemblokiran yang lebih ketat. Tetapi belum diketahui pasti kapan fitur anyar ini bisa diluncurkan dalam versi stabil.

Melansir The Verge, Kamis, 6 April, namun jika pengguna tidak ingin menunggu opsi tersebut, mereka dapat menggunakan opsi lain karena Microsoft diam-diam telah menguji fitur tersebut selama beberapa tahun.

Dengan cara mengaktifkan bendera edge://flags/#edge-autoplay-user-setting-block-option, yag akan memungkinkan pengguna mengaktifkan blokir opsi di izin situs atau Media autoplay bagian dari pengaturan Edge pada rilis reguler browser yang stabil.