Google Bersiap Meluncurkan <i>Cross-Device Services</i> ke Chromebook
Tampilan Cross-Device Services (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu di CES 2022 , Google mengumumkan beberapa alat barunya yang akan memungkinkan Anda untuk dapat mengakses obrolan apa pun di ponsel Android menggunakan Chromebook. 

Sekarang, Google sudah resmi meluncurkan Cross-Device Services di Play Store. Jauh lebih luas, tampaknya aplikasi ini tidak hanya dapat mengakses pesan saja, tetapi juga aplikasi lain yang ada di ponsel Anda. 

"Ini menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk fokus saat Anda sudah menggunakan Chromebook tanpa harus berpindah perangkat," tulis Google dalam keterangan aplikasinya di Play Store. 

Tangkapan layar yang diunggah Google juga menunjukkan ChromeOS Phone Hub akan menampilkan bagian "Aplikasi terbaru" dengan deretan ikon dan tautan ke daftar "Semua aplikasi". Anda akan dapat menelusuri "Aplikasi dari ponsel Anda" dan kemudian meluncurkannya.

"Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan berbagai hal seperti membalas pesan, memeriksa status rideshare, atau memulai/mengedit daftar belanja dari Chromebook. Ini menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk fokus saat Anda sudah menggunakan Chromebook tanpa harus berpindah perangkat," tulis Google lebih lanjut. 

Meski demikian, tampaknya aplikasi jni sebenarnya belum  aktif, namun mengutip dari laporan 9to5Google, versi aplikasi yang diperbarui sekarang diluncurkan ke ponsel Google Pixel. 

"Kami hanya melihat pembaruan yang ditawarkan sore ini di ponsel Pixel, tetapi dapat diinstal di perangkat Android lainnya. Pekerjaan kami sebelumnya menunjukkan bahwa Android 13 mungkin menjadi persyaratannya," katanya. 

Google perlahan meluncurkan pengumuman Better Together yang dibuat di CES 2022, termasuk Fast Pair di Chromebook dan Nearby Share untuk Windows.