Google Kasih Tips Melindungi Diri dari Iklan Penipuan di Internet
Tips melindungi diri dari penipuan online (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, penipuan online merupakan hal yang semakin mengkhawatirkan bagi banyak orang di mana pun mereka berada. Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami penipuan melalui panggilan telepon, situs media sosial, bahkan pesan teks. 

Bahkan, pelaku kejahatan juga menggunakan iklan online untuk merugikan orang lain. Menurut Laporan Keamanan Iklan (Ads Safety Report) tahunannya, Google telah menghapus lebih dari 5,2 miliar iklan, dan menangguhkan lebih dari 6,7 juta akun pengiklan.

Meskipun Google telah memblokir iklan jahat, terkadang pelaku kejahatan dapat menghindari deteksinya untuk sementara. Dalam situasi ini, ada beberapa hal yang dapat pengguna lakukan untuk menjaga diri agar tetap aman ketika online. 

Laporkan iklan yang buruk 

Jika Anda melihat iklan di platform Google yang menurut Anda dapat membahayakan pengguna, segeralah laporkan. Saat iklan dilaporkan, anggota tim Google akan meninjaunya dan akan segera menghapus ikaln tersebut jika terbukti melanggar.

Google juga menyediakan tools yang dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang iklan yang Anda lihat dan pengiklan yang memasangnya. Dengan mengeklik tiga titik yang muncul di samping iklan di Search, YouTube, and Discover. Anda dapat mengunjungi My Ads Center yang menyertakan informasi dasar tentang pengiklan, termasuk apakah mereka adalah pengiklan terverifikasi atau bukan. 

Temukan perilaku jahat dan periksa ulang URL

Beberapa pelaku kejahatan mungkin berpura-pura menjadi merek yang Anda kenal, tetapi berhati-hatilah untuk memeriksa nama domain, terutama saat masuk, melakukan panggilan telepon ke nomor yang dipromosikan, atau memberikan informasi keuangan. 

Anda harus selalu waspada jika seseorang mendesak untuk melakukan sesuatu seperti mengirim uang, memberikan informasi pribadi, atau mengeklik tautan. Kemungkinan besar, itu bisa jadi scam.

Ambil langkah tambahan untuk mengamankan akun online

Menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun online Anda sangat penting untuk menjaga keamanan informasi pribadi. Google Password Manager memberikan kemudahan dengan membantu Anda membuat, menyimpan dengan aman, dan mengisi kata sandi yang kuat untuk situs dan aplikasi yang digunakan setiap hari. 

Mendaftar Verifikasi 2 Langkah (2SV)

Tambahkan verifikasi 2 langkah (2SV) akan menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke akun online Anda dengan meminta Anda untuk tidak hanya memasukkan kata sandi, tetapi juga informasi tambahan. Dengan cara ini, jika kata sandi Anda dicuri, pelaku kejahatan masih membutuhkan lebih banyak informasi untuk mendapatkan akses ke akun Anda.