Google Drive Tanpa Pemberitahuan Batasi Penyimpanan File Pengguna
Google Drive secara diam-diam menerapkan batas penyimpanan file. (foto: dok google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Drive secara diam-diam menerapkan batas penyimpanan file di mana jika pengguna mencapai lebih dari 5 juta file, mereka akan diminta untuk memindahkannya ke tempat lain atau menghapusnya.

Layanan penyimpanan cloud itu sejatinya menyediakan hingga 15GB ruang penyimpanan gratis untuk setiap pemegang akun Google. Tetapi, beberapa pengguna memilih untuk membayar paket penyimpanan yang lebih besar.

Saat pelanggan membayar untuk penyimpanan tambahan, mereka seharusnya dapat menyimpan file sebanyak yang diinginkan selama mereka tidak mencapai batas data.

Namun, Google tanpa pemberitahuan kepada pelanggannya mengaktifkan pembatasan pada Februari awal tahun ini, dengan meminta pengguna untuk menghapus file dari akun Drive mereka jika menyimpan lebih dari 5 juta file.

Pembatasan 5 juta file itu tidak termasuk file yang dibagikan ke Drive oleh pengguna lain, sehingga mereka dapat menghosting lebih banyak file selama bukan pembuat aslinya.

Salah satu bukti ketika seorang pengguna Reddit dengan username r/google, memiliki tujuh juta file di Drive dengan paket penyimpanan 2TB. Namun, ketika ingin mengunggah file ke akunnya, dia kemudian menerima pemberitahuan adanya kegagalan pengunggahan dan arahan untuk menghapus file sebelum mereka dapat melanjutkan membuat file baru.

Awalnya, pengguna itu mengira adalah bug. Tetapi, akhirnya Google mengonfirmasi di mana batasan tersebut memang sudah diteraokan.

Juru bicara Google, Ross Richendrfer menyatakan kepada The Verge yang dikutip dari Digital Trends, Selasa, 4 April, perusahaan telah mengambil langkah tersebut untuk mempertahankan kinerja dan keandalan yang kuat dari Drive serta mencegah penyalahgunaan sistem Google Workspace.

Dicatat Ars Technica, lima juta file dengan satu file berukuran 400KB akan memakan penyimpanan 20GB, dan penyimpanan 30TB dapat dengan mudah disamakan dengan miliaran file. Dengan kata lain, beberapa pengguna dapat membayar lebih banyak penyimpanan daripada yang sebenarnya dapat mereka gunakan, kecuali memilih untuk mengompres file mereka ke dalam folder zip.