Spotify Tak Mampu Salip Clubhouse, Pensiunkan Fitur Audio Live Akhir Bulan Ini!
Spotify berencana akan menutup layanan audio Spotify Live.(foto: dok. spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify berencana akan menutup layanan audio pesaing Clubhouse, Spotify Live, dengan mengatakan tidak lagi ada alasan untuk fitur tersebut berdiri sendiri.

Diluncurkan pada April 2022, Spotify Live merupakan fitur podcasting langsung di mana pengguna dapat mendengarkan diskusi di ruangan yang berbeda baik di Spotify atau di aplikasi Spotify Live.

“Setelah periode percobaan dan pembelajaran tentang bagaimana pengguna Spotify berinteraksi dengan audio langsung, kami telah membuat keputusan untuk menghentikan aplikasi Spotify Live,” ungkap Spotify.

“Kami yakin ada masa depan untuk interaksi penggemar-kreator secara langsung di ekosistem Spotify. Namun, berdasarkan pembelajaran kami, ini tidak lagi masuk akal sebagai aplikasi mandiri," imbuhnya.

Namun, perusahaan tidak berhenti di sana, mereka justru berencana untuk terus menawarkan layanan audio langsung seperti pesta mendengarkan yang berfokus pada artis, untuk memfasilitasi interaksi langsung antara artis dan penggemar.

Melansir Gizmodo, Selasa, 4 April, awalnya Spotify Live hadir berkat akuisisi Betty Labs yang memiliki aplikasi khusus audio Locker Room pada 2021.

Tak lama dari itu, perusahaan kemudian meluncurkan Spotify Greenroom yang diluncurkan pada Juni di tahun yang sama.

Setahun kemudian, ia mengubahnya menjadi Spotify Live dengan harapan bisa melibas pasar Clubhouse dan memindahkannya ke aplikasi Spotify utama agar lebih terlihat.

Tetapi sepertinya Spotify tidak mampu, layanan streaming musik tersebut kemudian menutup dana kreator yang disiapkannya untuk Spotify Live dan bahkan membatalkan beberapa pertunjukan aslinya. Fitur tersebut dijadwalkan akan tutup secara resmi pada 30 April mendatang.

Belum lama ini, Spotify meluncurkan fitur Kecerdasan Buatan (AI) baru yang disebut DJ, berfungsi untuk lebih mempersonalisasi pengalaman mendengarkan musik bagi penggunanya.

Fitur Spotify DJ akan menghadirkan pilihan musik bersama komentar lisan yang sangat realistis berbasis AI tentang musik dan artis yang disukai.