Baru <i>Selebtwit</i> yang Bisa Pakai Space di Twitter
Fitur Spaces di Twitter (Screerant)

Bagikan:

JAKARTA – Twitter sudah resmi meluncurkan fitur Spaces pada pekan ini. Namun, sayangnya fitur terbaru Twitter itu belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Fitur Spaces baru bisa digunakan oleh pengguna Twitter yang mempunyai minimal follower sebanyak 600 maupun lebih atau bisa dibilang selebtwit.

Fitur Spaces menghadirkan pengalaman baru mirip aplikasi berbasis audio bernama Clubhouse. Para pengguna bisa turut serta di dalam sebuah ruang virtual untuk mendengar atau melakukan obrolan bersama pengguna lain.  

Sebelumnya, Twitter sudah resmi memperkenalkan fitur ini beberapa waktu yang lalu. Twitter telah mengujicoba Spaces pada November 2020, seperti yang dilansir dari CNBC International pada Selasa 4 Mei.

Fitur anyar ini diprediksi akan menambah jumlah pengguna baru Twitter hingga 315 juta pengguna pada penghujung 2023. Fitur Spaces akan tampil di bagian atas sebagaimanan fitur Stories. Ketika sedang live-audio, Spaces akan berwarna ungu.

Bagi pengguna yang ingin ikut serta ke dalam topik pembicaraan di ruang virtual, pengguna tinggal menekan bulatan warna ungu tersebut. Di dalam ruang virtual, pengguna bisa menulis cuitan maupun mengirim pesan langsung kepada host.

Selain itu, pengguna Spaces yang menjadi host juga dapat memberikan undangan kepada orang lain untuk bergabung. Host juga bisa menentukan orang-orang yang akan berbicara maupun menghapus peserta yang berbuat kegaduhan dalam pertemuan itu.

Twitter mengungkapkan bahwa pihakna tengah merancang Ticket Spaces. Para pengguna lain yang ingin bergabung dengan obrolan harus terlebih dulu mebeli tiket tersebut.

Hal tersebut merupakan sebuah upaya Twitter melakukan monetisasi sehingga penyelenggara acara maupun host di Spaces bisa mendapatkan pendapatan. Fitur Spaces merupakan layanan baru yang berbasis audio.

Sejak kemunculan Clubhouse, sejumlah platform media sosial lain berlomba-lomba mengikuti hal yang sama. Selain Twitter, Facebook juga dikabarkan telah mengumumkan fitur serupa. Spotify juga dirumorkan akan menghadirkan fitur berbasis audio seperti Clubhouse.