Uji Coba Fitur Baru Twitter Mudahkan Komunitas Ngobrol Seru di Spaces
Twitter akan meluncurkan kemampuan membuat ruang khusus untuk para komunitas di Twitter Communities,. (foto: dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi Twitter akan meluncurkan kemampuan membuat ruang khusus untuk para komunitas di Twitter Communities, mereka dapat bertukar ide atau menyelenggarakan acara lainnya melalui Spaces, fitur live audio.

Perusahaan akan mulai menguji fitur yang disebut Community Spaces, ini merupakan kombinasi dari Twitter Communities dan Twitter Spaces.

Pada dasarnya, uji coba fitur Community Spaces akan memungkinkan para komunitas membuat Space dalam komunitas mereka. Pengujian fitur tersebut mulai diluncurkan hari ini.

Karena dalam tahap pengujian, artinya akses fitur masih terbatas pada beberapa moderator dan admin Twitter Communities di Amerika Serikat (AS). Pengujian juga terbatas pada versi aplikasi seluler Android dan iOS dari Twitter.

“Dengan eksperimen ini, sekelompok admin dan moderator di AS akan menerima akses untuk membuat Space langsung dalam Twitter Communities mereka. Audio di komunitas menambahkan lapisan kepribadian dan konektivitas ekstra di luar 280 karakter," ungkap Twitter.

"Memulai percakapan audio langsung khusus untuk para komunitas dan topik, admin komunitas akan dapat memimpin komunitas mereka dengan lebih baik, melibatkan anggota mereka, dan berpartisipasi dalam percakapan berkualitas dengan orang lain yang memiliki minat yang sama," sambungnya.

Melansir Digital Trends, Kamis, 13 Oktober, saat Space diluncurkan dalam Twitter Communities, Space akan disorot di bagian atas timeline beranda anggotanya.

Fitur baru ini memberi semua anggota komunitas kesempatan untuk mendengarkan. Begitu pula dengan pengguna yang mengunjungi komunitas, mereka juga dapat melihat dan bergabung dengan Space yang dimulai di grup tersebut, tetapi hanya anggota komunitas atau tuan rumah yang dapat membalas dan terlibat dalam Space.

Sebagai informasi, Twitter Communities adalah layanan yang memungkinkan pengguna Twitter untuk membuat dan bergabung dengan sebuah komunitas yang berfokus pada minat dan hobi tertentu mereka, seperti memasak dan fashion.

Twitter Communities seperti Facebook Group, tetapi secara estetika lebih mirip dengan Reddit Talks. Jika Community Spaces bekerja dengan baik dalam pengujian, Twitter akan memutuskan untuk menjadikannya fitur permanen.

Sepertinya memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan acara percakapan audio dapat membantu menumbuhkan komunitas yang lebih aktif di aplikasi burung biru tersebut.