Virgin Orbit Holdings Inc. dan Spire Global Inc., Jalin Kerja Sama Luncurkan Satelit
Persiapan peluncuran dengan Cosmic Girl. (foto: twitter @VirginOrbit )

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan peluncuran satelit, Virgin Orbit Holdings Inc, dan Spire Global Inc menandatangani kesepakatan di mana operator satelit  itu akan membeli beberapa misi peluncuran dari Virgin selama beberapa tahun, mulai 2023. Kesepakatan itu diumumkan oleh perusahaan milik Richard Branson ini pada Rabu, 12 Oktober.

Spire Global, yang ingin meningkatkan bisnis layanan antariksanya, mengatakan bahwa kesepakatan itu memberikan fleksibilitas dan kontrol atas peluncuran, alih-alih mengandalkan pasar rideshare di mana satelit akan diluncurkan dengan roket besar lainnya.

Analis Cannacord Genuity, Austin Moeller, mengatakan peluncuran perdana Virgin Orbit November nanti dari tanah Inggris juga sangat nyaman bagi Spire, yang membangun satelitnya di Glasgow, Skotlandia.

Sebelumnya pada bulan Januari, Virgin Orbit, pada misi pertama yang berhasil sejak go public – membawa satelit untuk Spire, Departemen Pertahanan AS, dan perusahaan Polandia, SatRevolution.

Virgin menempatkan satelit ke orbit menggunakan roket, LauncherOne, yang dipasang pada jet jumbo Boeing CO 747 yang dimodifikasi, yang juga dijuliki Cosmic Girl.

Virgin  sendiri sukses meluncurkan pesawat ke orbit pada Juni tahun 2021 dengan mengangkut Richard Branson, sang pemilik dengan beberapa rekannya.