Bagikan:

JAKARTA - StoreDot, pemimpin baterai kendaraan listrik super cepat asal Israel telah membuktikan kinerja superior dari teknologi sel baterai pengisian cepat ekstrim dengan mengirimkan sel yang telah melebihi 1000 siklus dalam faktor bentuk EV siap produksi.

Sel kepadatan energi tinggi 300Wh/kg, 700 Wh/l dikirim dalam format kantong ke mitra OEM otomotif global StoreDot untuk pengujian dunia nyata yang intens. 

Sel-sel tersebut menunjukkan kinerja EV '100in5' seperti yang dijanjikan. Kemampuan ini memungkinkan pengemudi untuk mengisi daya secara berurutan sejauh 100 mil untuk setiap 5 menit pengisian daya.

Seperti target yang telah ditetapkan sebelumnya, sel '100in5' StoreDot berulang kali diisi ulang dari kapasitas 10 hingga 80 persen, dan hanya memakan waktu 10 menit dan kemudian dikosongkan selama satu jam sebelum diisi ulang. 

Tonggak penting ini mengikuti pengumuman StoreDot pada bulan Maret lalu, dimana perusahaan telah menetapkan rekor dunia 1200 siklus untuk sel pengisian cepat ekstrim dalam format prototipe. 

"Pengujian terbaru mewakili tonggak sejarah tidak hanya untuk StoreDot, tetapi juga industri baterai global dan seluruh ekosistem mobilitas berkelanjutan," kata Yaron Fein, Wakil Presiden R&D StoreDot dalam sebuah pernyataan resmi yang dibagikan di Twitter. 

StoreDot terus mengembangkan teknologi XFC dalam faktor bentuk silinder dan prismatik dengan pembaruan yang diharapkan segera dikirimkan ke mitra OEM.

"Saya senang mengumumkan bahwa kami tidak hanya mencapai target kami tetapi juga telah melampauinya dan kami telah memiliki formulasi yang disempurnakan di laboratorium kami yang memungkinkan kami untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik," tambah Fein. 

Fein menjelaskan, ketika baterai lithium diisi dan dikosongkan sekali, itu disebut siklus. Kemudian, biasanya kapasitas baterai lithium menurun dengan cepat dalam siklus pengisian cepat. 

"Kimia dominan silikon kami berbeda, memungkinkan sel baterai EV untuk mengisi lebih dari 1000 siklus sebelum menurun. baterai hingga 80% dari kapasitas aslinya," tuturnya. 

StoreDot fokus untuk memberikan roadmap teknologi bebas hype ke perusahaan otomotif global. Program pengembangan tanpa henti ini meluas jauh ke masa depan, di mana targetnya adalah untuk memberikan jangkauan 100 mil setelah hanya 2 menit pengisian daya dalam satu dekade.