Perusahaan Ini Luncurkan Sel Baterai EV Baru Ultra Cepat, Isi Daya 20-80 Persen Cukup 6 Menit
Lithium Iron Phosphate 22Ah 6C/6C DESTEN. (Dok. Business Wire Desten)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi baterai terkemuka Desten Inc mengumumkan peluncuran kemajuan teknologi sel terbaru, Pengisian Ultra Cepat, sel 6C LFP (Lithium Iron Phosphate).

Sel baterai bentuk kantong terbaru dari Desten mampu mengisi daya SOC dari 20 hingga 80 persen dalam 6 menit. Berkat bahan kimia berbasis LFP, sel ini memiliki profil stabilitas kimia dan suhu yang mengesankan, menjadikannya teknologi baterai teraman yang tersedia saat ini.

“Terobosan teknologi terbaru kami berpotensi merevolusi aplikasi transportasi dan penyimpanan energi,” kata Bader Al-Rezaihan, CEO Deten Inc, dikutip dari laman resmi Desten, Senin, 20 November.

Perusahaan mengklaim bahwa Sel LFP Desten siap mengubah wajah mobilitas listrik dan penyimpanan energi, mengurangi waktu pengisian daya untuk kendaraan listrik dan memungkinkan jaringan listrik mengakses penyimpanan jangka pendek dengan biaya rendah per kWh, serta peningkatan keselamatan.

Inovasi LFP Pengisian Daya Ultra-Fast ini mencerminkan kemampuan Litbang Desten, yang memanfaatkan keahlian yang sudah mapan dalam pengembangan sel NMC Pengisian Daya Ultra-Fast, dan penerapan platform material dibuat khusus, teknik penataan sel, dan proses produksi sel yang dipatenkan.

Desten sendiri telah berkerja sama dengan berbagai mitra Amerika Utara, Eropa, dan Asia untuk mengintegrasikan kemajuan ini dalam platform EV, dengan sampel pertama telah tersedia untuk mitra OEM.

“Dengan menjadikan biaya pengisian daya ultra cepat kompetitif melalui format material Besi-Fosfat, kami akan memecahkan masalah utama hambatan adopsi bagi pengemudi kendaraan listrik, dan menyediakan kapasitas listrik yang dibutuhkan jaringan untuk menggantikan sumber pembangkit bahan bakar fosil yang berkembang pesat dengan percaya diri," paparnya.

Diketahui Desten bukan satu-satunya perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian dunia dalam hal teknologi baterai. Misalnya ada StoreDot telah memiliki program pengujian OEM tingkat lanjut dengan hasil pertama yang menggembirakan, tak hanya itu saja CATL juga memberikan jangkauan dan pengisian daya yang cepat.