Bagikan:

JAKARTA - Xpeng, perusahaan kendaraan elektronik dari Tiongkok mengumumkan peluncuran ke-1000 stasiun pengisi data EV-nya di China. 

Bersamaan dengan pengumuman tadi, Xpeng juga memperkenalkan pengisi daya EV ultra-cepat (Supercharger) yang diklaim akan mengisi daya 200 km dalam lima menit. 

Menurut laporan dari Elecktrek, pengisi daya ultra-cepat S4 Xpeng  pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 silam. Supercharger S4 adalah pengisi daya EV kelas 800 volt dengan output daya puncak 480 kW (hingga 670 A dan lebih dari 700 V).

Lebih lanjut, mendemonstrasikan pengujian dari pengisian kendaraan model Xpeng G9 dengan supercharging S4 yang mereka kembangkan sendiri. Dengan waktu 5 menit, pengisian telah meningkat 210 km. 

"Di masa lalu, biasanya diperlukan waktu satu jam untuk mengisi baterai dari 10% hingga 80%. Ke depan, kami akan membuat teknologi supercharging tersedia di semua mobil kami, memungkinkan mereka untuk diisi hanya dalam 20-30 menit." kata Xiaopeng He, Ketua & CEO XPENG Motors. 

Disisi lain, dalam hal pembangunan stasiun, XPengMotors berencana untuk membangun stasiun pengisian super cepat S4 di 10 kota teratas XPeng G9 dipesan pada 2022.

Selanjutnya pada tahun 2023, G9 akan menjelajahi kota-kota utama dan rute jalan raya inti dengan stasiun S4 untuk pengalaman pengisian energi terbaik. 

Pada tahun 2025, perusahaan akan membangun stasiun energi di dekat pemilik kendaraan melalui solusi pengisian yang cerdas, efisien, dan berkualitas tinggi. 

Di tahun yang sama yaitu 2025, produsen kendaraan elektronik ini bermaksud untuk membangun 2.000 stasiun pengisian super cepat lainnya.