StoreDot Produksi Baterai Pengisian Cepat pada 2024, Isi Daya  5 Menit untuk Jangkauan 161 Km
StoreDot, memiliki kemampuan membuat baterai pengisian cepat. (foto: twitter @StoreDotLtd)

Bagikan:

JAKARTA - Startup asal Israel, StoreDot, telah mengirimkan sampel siap produksi dari sel baterai kendaraan listrik dengan pengisian cepat ke mitra strategis dan pelanggan potensial. Menurut sumber di perusahaan itu, Rabu, 7 September, mereka kini sudah mendekati tanggal produksi massal yang direncanakan pada 2024.

StoreDot yang berusia sepuluh tahun kini berusaha untuk memproduksi baterai canggih yang dapat memberikan jangkauan hingga 100 mil (161 km) dengan pengisian daya hanya lima menit saja pada tahun 2024. Baterai lithium-ion dari StoreDot, menggunakan elektroda kaya silikon, yang memungkinkan sel untuk menyimpan lebih banyak energi dan mengisi daya lebih cepat.

Dilaporkan oleh Reuters, Pakar baterai mengatakan pengembangan kemampuan pengisian cepat dapat memungkinkan produsen EV untuk memasang paket baterai yang lebih kecil dan dengan demikian menurunkan biaya kendaraan mereka.

Strategi mengurangi waktu pengisian baterai agar sesuai dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar kendaraan bermesin pembakaran juga dapat membuat EV lebih menarik bagi calon pelanggan.

Berbasis di Herzliya, StoreDot didukung oleh investor korporat seperti Mercedes-Benz, BP Plc, VinFast, Geely's Volvo Cars, Polestar, Samsung, TDK   dan Ola Electric, serta mitra manufaktur asal China, EVE Energy.

Menurut situs web investor PitchBook, sejak didirikan pada 2012, StoreDot telah mengumpulkan dana investasi 269 juta dolar AS, dengan valuasi  perusahaan sebesar 1,3 miliar dolar AS. Mereka juga telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri D awal tahun ini.

StoreDot mengirimkan sel kantong baterai 30Ah ke lebih dari selusin perusahaan untuk pengujian validasi. Target mereka sendiri adalah  mendapatkan waktu pengisian hingga 3 menit untuk jangkauan 100 mil pada tahun 2028 dan 2 menit pada tahun 2032.