Sel Bahan Bakar Internal untuk Mobil Hidrogen BMW iX5 Mulai Diproduksi
BMW iX 5 yang ditenagai hidrogen. (Autocar)

Bagikan:

JAKARTA - BMW mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi sistem sel bahan bakar untuk mobil Hidrogen BMW iX5 di pusat kompetensinya untuk hidrogen di Munich.

BMW iX Hydrogen akan memasuki layanan di seluruh dunia pada akhir tahun ini untuk tujuan pengujian dan demonstrasi.

BMW menyatakan bahwa kombinasi sel bahan bakar dan baterai berkinerja tinggi akan menciptakan sistem penggerak yang akan mendorong portofolio merek menuju mobilitas tanpa emisi.

Sistem sel bahan bakar yang akan diproduksi BMW merupakan salah satu elemen inti dari BMW iX5 Hydrogen. Sistem ini menghasilkan output tinggi terus menerus 170 hp.

Sistem ini dipasangkan dengan motor listrik yang dilengkapi teknologi BMW eDrive generasi kelima dan baterai berperforma tinggi yang telah dikembangkan untuk kendaraan ini yang menghasilkan output daya 374 hp.

BMW mengungkapkan bahwa sumber sel bahan bakar individu yang diperlukan untuk memproduksi mobil Hidrogen BMW iX5 dari Toyota Motor Corporation.

Ketua Dewan Manajemen BMW AG Oliver Zipse mengatakan hidrogen adalah salah satu elemen kunci yang akan membantu dalam netralitas iklim.

“Dengan memulai produksi sel bahan bakar skala kecil hari ini, kami menunjukkan kematangan teknis jenis sistem penggerak ini dan menggarisbawahi potensinya untuk masa depan,” tambah Zipse seperti dikutip Antara.

Anggota Dewan Manajemen BMW AG, Pengembangan Frank Weber menambahkan bahwa tim telah berhasil menggandakan keluaran berkelanjutan sel bahan bakar di sel bahan bakar generasi kedua di BMW iX5 Hidrogen bersama dengan penurunan berat dan ukuran.

Awal tahun ini dilaporkan bahwa BMW iX Hidrogen memasuki fase akhir pengujian musim dingin di pusat pengujian BMW yang terletak di Arjeplog, Swedia utara.

Hidrogen yang digunakan mobil sebagai sumber energi disimpan dalam dua tangki 700-bar yang terbuat dari plastik penguat serat karbon. Demikian seperti disiarkan Hindustan Times, Sabtu (3/9/2022).