Rocket Lab Siap Luncurkan Roket Electron Pertama pada Tahun 2024
Roket Electron untuk misi Four Of A Kind (foto: dok. Rocket Lab)

Bagikan:

 

JAKARTA – Roket Elektron milik Rocket Lab akan kembali meluncur tahun ini. Dalam waktu dekat, peluncur orbital dua tahap tersebut akan menjalankan misi Four Of A Kind dari Spire Global Inc.

Electron akan lepas landas dari Kompleks Peluncuran 1 di Mahia, Selandia Baru pada Kamis, 18 Januari mendatang. Roket ini akan mengerahkan empat satelit Space Situational Awareness (SSA) milik pelanggan Spire, yaitu NorthStar Earth and Space.

Satelit yang dikembangkan oleh Spire ini akan menjadi satelit komersial pertama yang memantau berbagai objek dari orbit melingkar. Data dari SSA akan membantu perusahaan antariksa dalam melacak, menentukan orbit, menghindari tabrakan, dan menavigasi objek.

Pihak Rocket Lab mengatakan bahwa mereka sudah selesai menyiapkan seluruh kebutuhan misi Four of A Kind. Selain memastikan bahwa Electron sudah aman untuk diluncurkan, mereka juga telah mempersiapkan muatan untuk misi tersebut.

“Kami (muatan Electron) sudah tersusun dan siap berangkat. Muatan Spire Global dan NorthStar duduk dengan aman di dalam fairing setelah integrasi dan enkapsulasi di Kompleks Peluncuran 1,” kata Rocket Lab, dikutip dari akun resminya di platform X.

Selain mempersiapkan roket dan muatannya, Rocket Lab juga mempersiapkan jendela peluncuran untuk roket mereka. Jika peluncuran Electron gagal pada 18 Januari, perusahaan tersebut akan menyiapkan tanggal lain di bulan Januari.

Rocket Lab juga telah merancang pemulihan untuk tahapan Electron. Setelah peluncuran, tahap atas dan tahap pertama Electron akan mengalami pemisahan. Tahap pertama ini akan jatuh ke Bumi dengan bantuan parasut yang sudah terpasang.

Saat tahap pertama ini mendarat, kapal pemulihan Rocket Lab akan menarik mesin tersebut untuk kembali ke Kompleks Peluncuran 1. Tahapan roket itu hanya akan dinilai karena Rocket Lab tidak pernah menggunakan kembali mesin yang sudah diterbangkan.