Capella Space Bekerja Sama dengan SpaceX untuk Luncurkan Dua Satelit Acadia
 Dua satelit Acadia akan diluncurkan oleh SpaceX (foto: dok. Capella Space)

Bagikan:

JAKARTA – Capella Space mengumumkan bahwa dua satelit Acadia akan diluncurkan oleh SpaceX pada paruh pertama tahun 2024. Kabar ini diumumkan oleh Capella pada Selasa, 5 Desember lalu.

Dua satelit ini akan diluncurkan secara terpisah. Rencananya, Acadia-4 akan diterbangkan dalam misi Bandwagon-1 setelah April tahun depan, sementara Acadia-5 akan diluncurkan dengan Transporter-11 paling lambat dua bulan setelahnya.

“Bekerja sama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit Acadia kami ke berbagai orbit merupakan kemenangan besar bagi Capella dan akan meningkatkan kemampuan kami untuk menghadirkan cakupan yang lebih luas,” kata CEO Capella Space, dikutip VOI dari rilis resmi.

Sebagai informasi, Capella juga menjalin kerja sama dengan Rocket Lab untuk meluncurkan empat satelit Acadia. Seluruh satelit ini diluncurkan dengan roket Electron yang Rocket Lab kembangkan.

Satelit Acadia yang diluncurkan pertama kali pada 23 Agustus lalu berhasil mencapai orbit. Namun, peluncuran kedua pada 19 September justru gagal karena mesin tahap kedua yang mati dan membuat Acadia hilang.

Meski sempat gagal, Capella tetap memercayakan satelitnya kepada Rocket Lab. Electron seharusnya membawa Acadia pada pertengahan November lalu, tetapi diundur hingga pertengahan Desember.

Capella mengatakan bahwa perusahaannya akan bekerja sama dengan dua perusahaan sekaligus, yaitu SpaceX dan Rocket Lab, untuk membangun konstelasi di orbit dengan kemiringan tengah (MIO) dan orbit sinkron matahari (SSO).