Roket Lab Bersiap Luncurkan Roket Elektron Pertama Kali dari Landasan di AS
Roket Elektron siap diluncurkan dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia. (foto: twitter @RoketLab)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penerbangan luar angkasa swasta, Rocket Lab, telah mengumumkan jadwal debut peluncuran misi roket Elektron dari tanah AS. Misi "Virginia Is For Launch Lovers" akan lepas landas pada 23 Januari 2023, dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia dari pukul 18.00 hingga 20.00 ET.

Jika berhasil, misi tersebut akan menyebarkan tiga satelit pemantau frekuensi radio ke orbit rendah untuk perusahaan yang berbasis di Virginia, HawkEye 360, yang pertama dari 15 satelit yang akan digunakan oleh Rocket Lab pada tahun 2024. Misi pertama ini awalnya dijadwalkan diluncurkan pada Desember 2022 tetapi diundur kembali karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

“Electron telah membuat sejarah dengan menjadi roket orbit kecil yang paling banyak diluncurkan secara global,” kata CEO Rocket Lab, Peter Beck, melalui siaran pers yang dikutip The Verge. “Dengan dukungan mitra kami di NASA dan Virginia Space, kami berharap dapat membangun di atas warisan kesuksesan misi yang kuat ini dengan yang pertama dari banyak misi dari Wallops.”

Lab Roket yang berbasis di California telah meluncurkan 152 satelit kecil dari Kompleks Peluncuran 1 perusahaan di Selandia Baru sejak 2017. Sistem pengiriman , roket Elektron orbitnya, telah menerbangkan lebih dari 30 misi orbit hingga saat ini.

Perusahaan ini secara khusus mencoba menangkap salah satu roket Electron di udara tahun lalu menggunakan helikopter dalam upaya untuk mengurangi biaya produksi dengan menggunakan kembali peralatan. Meski secara teknis berhasil menangkap roket tersebut, helikopter kemudian menjatuhkannya ke laut.

Streaming langsung peluncuran roket tersebut akan tersedia mulai sekitar 40 menit sebelum lepas landas di situs web Rocket Lab.