Mengenai <i>Phising</i> yang Bikin Akun Twitter @mazzini_giusepe Menghilang
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saddam Husein yang merupakan selebtwit pegiat sejarah ini harus gigit jari setelah akun Twitter-nya @mazzini_giusepe menghilang akibat ulah hacker tak bertanggungjawab. Akun dengan pengikut sebanyak 104 ribu tersebut tiba-tiba tidak bisa dia akses.

Jika kalian belum mengenal Saddam, dia adalah seorang selebtwit yang akun Twitter-nya banyak membicarakan soal sejarah. Bahkan, akunnya pernah dibicarakan banyak orang saat membahas soal Candi Prambanan karena dianggap memberikan pengetahuan baru.

"Anjaay Bondowoso menang tender kalau menurut cerita legenda sih gitu. Tapi kalau aslinya Candi Prambanan dibangun sama Raja Rakai Pikatan dari Mataram Kuno. Dibangun 850 Masehi dan pengerjaanya bertahun-tahun, gak semaleman. Tujuan dibangun untuk penghormatan ke Dewa Siwa," tulis Saddam lewat akun @mazzini_giusepe pada Senin, 3 Februari yang lalu.

Kepada kami, Saddam kemudian menceritakan akunnya sudah berpindah tangan karena kemungkinan besar e-mail atau pun kata sandi yang digunakannya sudah diganti oleh hacker. Dia menyadari akunnya sudah di-hack sejak Jumat, 7 Februari, pukul 22.30 WIB.

"Enggak bisa (akses), ngisi formulir kena hack di Twitter juga sama enggak bisa. Masuk pakai username, e-mail, handphone sudah enggak bisa, kata Twitter enggak ada yang cocok. Jadi ya susah gue ngisi formulir kena hack itu, pasti udah diganti sama mereka juga itu sih," kata dia perihal akunnya yang tiba-tiba tak bisa diakses, Minggu, 9 Februari.

"Jika ada yang menghubungi untuk mengajak kerja sama, mengajukan endorsment apa pun atas nama saya, itu bukan saya, maka diabaikan saja," imbuhnya.

Tangkap layar Instastory salah satu pengikut akun @mazzini_giusepe

Sesungguhnya, fenomena phising atau mengambil alih akun orang lain dengan maksud tertentu ini bukan hal yang baru. Dilansir dari techtarget, phishing merupakan penipuan di mana hacker menyamar sebagai pihak lain. Adapun cara hacker melakukan phising adalah dengan cara mengirimkan tautan yang isinya meminta informasi akun dari korban.

Untuk menghindari phising, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

1. Menjaga keamanan akses akun

Jaga selalu keamanan akses dengan mengakses secara langsung situs resmi media sosial atau pun saat men-download aplikasi. Jangan lupa selalu menjaga keamanan kata sandi Anda dan jangan beritahukan kepada siapa pun. Gunakan kata sandi dengan kode tertentu agar lebih rahasia dan sulit dipahami oleh orang lain.

Selain itu, bacalah setiap e-mail yang masuk dengan teliti. Jangan asal klik atau mengunjungi situs secara sembarangan. Karena bisa saja link yang Anda tekan merupakan buatan hacker untuk melakukan teknik phising.

2. Hindari tawaran yang tidak jelas

Curigai segala bentuk penawaran atau iklan yang tidak jelas sebagai antisipasi tindak penipuan. Jangan asal kunjungi situs yang tidak jelas, sebab, para pelaku phising akan bersandiwara sebagai website terpercaya dan meniru website lain.

Tak hanya itu, perhatikan website yang Anda kunjungi jika ada yang aneh segera keluar dari akun tersebut.

3. Unduh patch keamanan

Pencurian data pribadi seringkali terjadi karena lemahnya keamanan yang diterapkan dalam perangkat lunak. Sehingga penting untuk punya antivirus yang canggih dan terpercaya saat mengakses suatu website.