Inikah Tampilan <i>Audio Chat</i> Clubhouse Ala Facebook
Ilustrasi (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook dikabarkan segera merilis layanan audio chat ala Clubhouse di platformnya. Tak hanya ruang audio, Clubhouse versi Facebook ini juga menyertakan fitur video untuk penggunanya. 

Mengutip laman Ubergizmo, seorang pengembang Alessandro Paluzzi melalui akun Twitternya, tampilan antarmuka dari layanan Clubhouse versi Facebook. Tidak hanya itu, terungkap pula fitur ini bisa terintegrasi dengan Instagram.

"Facebook tengah mengembangkan dukungan untuk ruang video dan audio. Artinya pengguna tidak perlu berpindah ke Messenger untuk bisa bergabung dalam ruang obrolan ini," tulis Alessandro Paluzzi.

Terlihat dari screenshot yang dibagikannya, pengguna dapat memilih antara membuat ruang audio langsung yang tersedia untuk umum atau pribadi. Di bawahnya juga akan ada tulisan Create Video lengkap dengan tombol + di dalam logo video.

Ruang audio publik akan tersedia untuk seluruh pengguna Facebook. Sementara untuk mode privat, artinya ruang audio ini hanya akan tersedia pada teman-teman Facebook si pengguna.

Untuk yang belum familiar, Clubhouse merupakan aplikasi audio-chat yang memungkinkan pengguna bisa memasuki ruang obrolan untuk mendengarkan percakapan. Untuk bergabung dengan Clubhouse, pengguna harus mendapatkan undangan atau invite terlebih dahulu.

Nah dalam beberapa bulan terakhir aplikasi ini semakin populer karena sudah digunakan oleh selebriti dan tokoh papan atas, seperti Oprah, Drake hingga Elon Musk. Jadi cukup wajar jika Facebook ingin menciptakan Clubhouse versinya sendiri.

Facebook mungkin agak terlambat mengadopsi fitur yang sedang viral. Apalagi kompetitor lainnya sudah lebih dulu menghadirkan layanan sejenis, sebut saja Telegram dengan Voice Chat 2.0, lalu ada Twitter yang belum lama ini memperkenalkan Spaces beta untuk pengguna Android.