Spotify Diam-Diam Punya Greenroom, Platform Audio Sosial Mirip Clubhouse
Aplikasi Greenroom ala Spotify (dok. Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama meluncur Clubhouse sudah banyak diminati masyarakat lantaran penggunaannya yang cukup mudah, dengan hanya berbagai cerita lewat audio. Namun kini, Clubhouse banyak memiliki saingan seperti Greenroom milik Spotify. 

Spotify diam-diam merilis aplikasi audio sosial mirip Clubhouse, bernama Greenroom. Layanan ini sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android, memungkinkan pengguna untuk meng-host atau memulai suatu topik obrolan percakapan langsung.

Mengutip laman blog resmi Spotify, Kamis 17 Juni, aplikasi yang memiliki desain klasik hijau-hitam ala Spotify ini, dibuat oleh Betty Labs yang diakuisisi pada musim semi tahun lalu. Mulanya aplikasi ini berfokus pada layanan olahraga, namun Greenroom akan memungkinkan percakapan tentang berbagai topik, dari mulai olahraga hingga musik dan budaya.

Mengulik fiturnya, Greenroom memiliki kemampuan untuk mencari ruang obrolan, bergabung dengan ruang, dan bahkan membuat ruang, serta menampilkan rekaman asli sehingga pengguna dapat menyimpan percakapan dan mendistribusikannya sebagai podcast. Ada juga kontrol obrolan saat peluncuran.

Bila ingin mencoba, pengguna dapat mendaftar dengan login Spotify. Saat mendaftar, pengguna akan diminta untuk memilih minat, genre musik favorit dan tim olahraga, sehingga dapat memunculkan ruangan yang relevan untuk percakapan langsung.

Spotify juga berencana untuk memonetisasi pembuat konten seperti sistem YouTube. Meski Spotify tidak menjelaskan secara detail, konten kreator di Greenroom kemungkinan akan dibayar berdasarkan seberapa populer ruang obrolan mereka dan berapa banyak yang bergabung.

Diketahui, layanan audio sosial jelas menjadi salah satu tren utama tahun 2021. Sejak Clubhouse muncul dan menjadi aplikasi sosial yang harus dimiliki. Belum lama, Twitter juga meluncurkan layanan serupa yakni Spaces, Facebook membuat Live Audio Rooms dan bahkan Slack, LinkedIn, Reddit, dan Discord semuanya membangun layanan yang sama.