Spotify Berhenti Beri <i>Cuan</i> ke Konten Kreator di Aplikasi Greenroom
Spotify telah menutup program Creator Fund. (foto: dok. spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify baru saja mengumumkan telah menutup program Creator Fund. Program ini dapat mendorong konten kreator berkreasi di aplikasi audio langsung, Greenroom.

Greenroom yang sekarang menjadi Spotify Life yang merupakan pesaing Clubhouse. Dalam aplikasi ini pengguna dapat melakukan streaming percakapan langsung dengan selebritas, influencer, dan konten kreator lainnya.

Program Creator Fund itu sebelumnya diumumkan bersamaan dengan Greenroom pada Juni tahun lalu, dimaksudkan untuk memikat konten kreator melalui pembayaran mingguan berdasarkan kinerja mereka.

Sementata itu, dalam email yang dikirimkan kepada konten kreator yang telah mengajukan permohonan dana tersebut, Spotify memberi tahu mereka bahwa Creator Fund sudah tidak berlaku lagi.

Spotify menjelaskan mereka berencana untuk beralih ke inisiatif lain untuk konten kreator langsung, dan merujuk rebranding baru-baru ini ke Spotify Live.

Hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan akan memperkenalkan opsi monetisasi baru lainnya untuk konten kreator langsung di masa depan.

“Program Creator Fund berkembang seiring dengan strategi audio langsung kami, dan akan beralih ke inisiatif lain untuk pembuat konten langsung. Kami berharap dapat berbagi lebih banyak di masa depan," ungkap Spotify kepada TechCrunch, Rabu, 20 April.

Memberikan dana untuk konten kreator saat ini adalah cara populer untuk mendorong mereka mencoba platform atau fitur utama baru, Clubhouse juga telah menawarkan untuk membayar konten kreator melalui program akselerator pada awal 2021.

Akan yetapi aplikasi Greenroom Spotify tidak menunjukkan daya tarik yang signifikan, setelah memasuki pasar karena hype seputar audio langsung di saat hiburan era pandemi mulai mereda.

Menurut data Sensor Tower, aplikasi iOS Greenroom hanya memperoleh 275.000 unduhan secara global, pasca-akuisisi. Spotify baru-baru ini memikirkan kembali upaya audio langsungnya setelah kegagalan Greenroom untuk berkembang.

Sementara aplikasi Greenroom, sekarang disebut Spotify Live, tetap terbuka untuk pencipta independen, perusahaan tidak lagi mengejar rencana untuk mendanai pekerjaan pencipta independen secara langsung.