Bagikan:

JAKARTA - Belum lama menutup dana untuk konten kreatornya di Greenroom, kini Spotify justru menggelontorkan uang untuk mendukung proyek sumber terbuka independen.

Proyek yang dijuluki Free and Open Source Software Fund (FOSS Fund) ini dikatakan Spotify memiliki tujuan untuk menarik perhatian pada proyek-proyek open source independen dan memberikan kembali kepada pengembang.

"Ini hanya jumlah awal dan bahwa seperti halnya program baru, perusahaan ingin mengujinya sebelum menyebarkannya secara lebih luas," kata pemimpin teknologi open source Spotify, Per Ploug.

Dana baru tersebut akan dimulai dari 100.000 euro setara Rp1,5 miliar. Nantinya dana ini akan dikucurkan pada proyek open source sepanjang tahun, yang akan memberikan dukungan keuangan kepada pengembang dan membantu mereka mempertahankan proyek, termasuk memperbaiki kerentanan keamanan.

Dalam hal ini, Spotify akan menargetkan proyek yang independen dan dikelola secara aktif, serta tidak dapat dijalankan oleh orang-orang yang bekerja di Spotify.

“Spotify menggunakan perangkat lunak open source untuk memberikan pengalaman audio terbaik bagi pencipta dan pendengar di seluruh dunia,” ujar Spotify seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa, 26 April.

“Faktanya, kami seperti banyak perusahaan teknologi lain yang mengandalkan open source. Namun, pengembang open source sering membuat proyek ini tersedia untuk kita gunakan tanpa kompensasi apa pun. Proyek-proyek ini mendukung dan memungkinkan tim teknik kami melakukan pekerjaan terbaik mereka, dan kami ingin mengakuinya," sambungnya.

Agar lebih berhati-hati dalam memilih proyek, Spotify mengerahkan tim R&D internal perusahaan, termasuk insinyur, ilmuwan data, peneliti, dan banyak lagi yang menurut mereka layak untuk didukung. Penerima dana akan diumumkan pada Mei mendatang.

Perusahaan mengatakan bahwa dana baru akan berdampak langsung pada keberlanjutan proyek sumber terbuka tertentu, tetapi untuk menciptakan ekosistem yang sepenuhnya berkelanjutan, perlu ada lebih banyak solusi.

Untuk melanjutkan upaya ini, Spotify mengatakan bahwa mereka telah bergabung dengan Open Source Security Foundation (OpenSSF) untuk mendukung inisiatif keamanan open source.

Sebagai informasi, pengumuman itu muncul ketika Spotify baru-baru ini menutup Greenroom Creator Fund-nya. Lewat email, Spotify memberi tahu kreator bahwa dana pencipta tidak lagi tersedia. Ini sekaligus menandai perusahaan akan memperkenalkan opsi monetisasi baru lainnya untuk konten kreator langsung di masa depan.