Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah China ingin membantu melindungi Bumi dari ancaman asteroid yang berpotensi membahayakan manusia. Karenanya China akan meluncurkan misi eksperimental pada 2025 atau 2026 untuk meneliti dan bahkan menangkal asteroid.

China Daily melaporkan bahwa pihak berwenang China berupaya membantu melindungi planet kita dari pertemuan jarak dekat dengan asteroid yang menimbulkan bahaya.

Wakil direktur Administrasi Luar Angkasa Nasional China, Wu Yanhua,  mengumumkan pekan lalu bahwa China bergerak untuk mengembangkan sistem penelitian dan pengembangan yang akan meningkatkan kemampuan dunia untuk memantau dan menangani potensi ancaman dari luar angkasa.

“Kami akan membuat rencana untuk sistem pertahanan, mengembangkan perangkat lunak simulasi pertahanan dan mengatur latihan untuk prosedur penting. Kami ingin berbagi solusi kami dengan anggota lain di komunitas internasional dan bekerja dengan masyarakat lain untuk menjaga keselamatan planet induk dan orang-orangnya,” kata Wu.

Seperti yang telah dijelaskan Wu, langkah pertama dalam upaya ini adalah pembuatan jaringan peringatan dini yang terdiri dari satelit dan fasilitas darat.

“Kita perlu mengkategorikan asteroid dekat Bumi dan kemudian menganalisis mana yang kemungkinan akan menjadi ancaman bagi umat manusia. Kemudian kita akan mempelajari teknologi yang dapat digunakan untuk menetralisir bahaya tersebut,” pungkas Wu.

“Kami akan menggunakan eksperimen untuk memverifikasi teknologi dan metode tentang cara membelokkan asteroid menuju Bumi,” papar Wu.

“Ini akan memungkinkan kita untuk mengeksplorasi cara untuk menghindari ancaman benda luar angkasa ke Bumi,” tambahnya seperti yang dikutip dari SputnikNews.