Clubhouse Sekarang jadi Aplikasi Perpesanan Audio, Ini Cara Menggunakannya!
Clubhouse mendesain ulang media sosialnya yang berbasis audio, (foto: dok. clubhouse)

Bagikan:

JAKARTA - Clubhouse mendesain ulang media sosialnya yang berbasis audio, kini lebih seperti aplikasi perpesanan yang diluncurkan mulai hari ini untuk pengguna Android dan iOS.

Pembaruan besar ini dirancang untuk menjadi lebih sosial daripada aplikasi perpesanan lainnya yang berpusat pada format baru yang disebut Chat atau Obrolan

Perusahaan mengatakan, Obrolan akan bertindak seperti Instagram Stories di mana grup tempat pengguns berkontribusi dengan suara mereka.

Pengguna dapat memulai Obrolan dengan merekam pesan audio, lalu mengirimkan Obrolan itu ke teman-teman. Kemudian, mereka bisa masuk dan menambahkan rekaman suara sendiri untuk membuat semacam kolase atau percakapan audio.

"Tujuan kami adalah membuat 100x lebih mudah bagi Anda untuk bersama teman sepanjang hari, bertemu teman secara tidak terduga, dan mengenal teman baru melalui grup teman yang ada – meskipun Anda tidak memiliki banyak atau banyak teman di Clubhouse waktu luang," kata Clubhouse dalam pengumumannya, dikutip Kamis, 7 September.

"Kami telah mengujinya selama beberapa waktu dan kami sangat bersemangat untuk membaginya dengan Anda," imbuhnya.

Dengan Obrolan, pengguna dapat menekan untuk berbicara, mendengarkan sebanyak 2x, ketuk untuk melewati, menggeser ke Obrolan berikutnya, dan meluncur ke VM teman untuk mengobrol secara pribadi.

Melansir The Verge, pengguna masih dapat membuat ruang audio sosial langsung yang menjadikan Clubhouse populer saat peluncuran awalnya.

Dari layar beranda, pengguna jarus mengetuk tombol mikrofon, lalu menggulirnya ke opsi ketuk untuk siaran langsung yang memulai ruangan.

"Anda masih dapat memiliki ruang live, dan ruang tersebut akan terus menjadi bagian utama Clubhouse, seperti biasanya," tegas Clubhouse.