Pengguna Clubhouse di iOS Kedatangan Fitur <i>Live Caption</i> Baru
Clubhouse kembali membuat pengguna iOS lebih mudah mengakses platformnya. (foto: clubhouse)

Bagikan:

JAKARTA - Clubhouse kembali membuat pengguna iOS lebih mudah mengakses platformnya, dengan menambahkan kemampuan teks langsung (live caption) untuk ruang audio.

Fitur live caption sangat dibutuhkan pengguna, pasalnya, aplikasi Clubhouse sepenuhnya berjalan pada audio langsung. Dengan sebelumnya tanpa fitur ini, Clubhouse benar-benar tidak dapat digunakan oleh orang-orang tunarungu atau kesulitan mendengar.

 

Melalui akun Twitter-nya, secara resmi Clubhouse mengumumkan fitur tersebut dan tersedia dalam 13 bahasa, termasuk Inggris, Cantonese, Mandarin Chinese, Yue Chinese, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Spanyol, Arab, Rusia, dan Turki.

Namun mengutip Digital Trends, Jumat, 19 November, bahasa tersebut belum meliputi seluruh dunia, sebab Clubhouse berencana untuk mendukung lebih banyak bahasa di pembaruan mendatang. Perlu dicatat, fitur ini masih dalam versi beta, jadi mungkin belum berfungsi sepenuhnya seperti yang diharapkan.

Karena room di Clubhouse dapat memiliki banyak orang yang berbicara bahasa yang berbeda, fitur transkripsi langsung harus bergantung pada deteksi bahasa otomatis. Sayangnya belum diketahui pasti kapan fitur ini tersedia di Android, dan diluncurkan secara resmi.

Belum lama ini, Clubhouse juga menambahkan fitur lain seperti Audio Spasial baru Apple, dan Music Mode baru untuk membantu meningkatkan suara bagi musisi pemula yang melakukan jam mereka di jejaring sosial. Di Indonesia sendiri, aplikasi tersebut berniat menyediakan bahasa Jawa.