Clubhouse  Ciptakan Fitur <i>Replay</i> yang Memungkinkan Pengguna Mendengarkan Siaran Ulang
Clubhouse ciptakan fitur Replay untuk mendengarkan siaran ulang. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pembaruan platform Clubhouse terbaru memperkenalkan fitur yang telah diminta pengguna sejak awal, yakni kemampuan untuk merekam percakapan sehingga mereka yang melewatkan sesi langsung (live) dapat mendengarkan dengan nyaman.

Sejak Clubhouse mengumumkan bahwa fitur tersebut sedang dalam pengembangan, para pengguna telah menantikannya untuk ditayangkan. Akhir bulan lalu, Clubhouse juga menambahkan alat rapi bernama Pinned Links yang memungkinkan pembuat ruangan menambahkan tautan yang relevan ke bagian atas halaman percakapan.

Spaces Twitter sudah memungkinkan admin untuk merekam ruang obrolan audio langsung untuk pengguna di iOS, dengan kemampuan untuk mendengarkan sesi rekaman yang tersedia di Android dan iOS.

Terlepas dari jangkauan dan sumber daya pengembangan yang jauh lebih luas yang diberikan kepada Spaces berkat asal usul Twitter-nya, Clubhouse sekarang akhirnya mengejar salah satu saingan utamanya, dan dengan cara yang lebih sempurna.

Disebut Replays, fitur Clubhouse baru yang tersedia di Android dan iOS pada dasarnya adalah kemampuan pembuat ruangan untuk menjentikkan sakelar dan merekam percakapan yang berlangsung secara live. Ini memastikan bahwa orang lain dapat mendengarkannya kapan pun mereka menemukan waktu.

Namun, ada beberapa kemampuan lain yang menjadikan Replay sebagai tambahan yang bagus untuk platform. Misalnya, Pemutaran Ulang bersifat opsional dan dapat diaktifkan untuk ruang publik mana pun.

Rekaman juga akan menyimpan setiap aspek percakapan langsung, bahkan saat mengetuk mikrofon. Fitur keren lainnya adalah tautan interaktif. Tautan yang Disematkan yang diposting selama sesi langsung tetap interaktif selama Pemutaran Ulang juga, yang berarti pendengar tidak akan kehilangan informasi kontekstual relevan yang dibagikan secara waktu nyata.

Clubhouse juga telah menangani bagian penemuan dengan cukup baik. Replay dapat diunduh sebagai klip yang dapat dibagikan yang kemudian dapat diposting di YouTube, TikTok, Instagram Stories, sebagai penyematan halaman web, dan di tempat lain.

Lebih penting lagi, mereka akan muncul di profil pembicara dan halaman Klub, yang berarti pengguna selalu dapat mengunjungi halaman yang mereka langgani atau orang yang mereka ikuti dan memeriksa apakah mereka melewatkan sesi live audio mereka. Clubhouse mengatakan Replay juga akan mulai muncul dalam pencarian mulai minggu depan.

Aspek rapi lainnya adalah bahwa Replay akan memiliki tombol lewati. Namun, alih-alih menghapus garis waktu audio dengan durasi tetap 10 atau 30 detik, mengetuk lewati akan beralih ke speaker berikutnya.

Kemampuan untuk langsung berpindah ke speaker berikutnya sangat bagus, terutama jika pengguna tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan seluruh Replay dan hanya tertarik untuk mendengar dari speaker tertentu di ruangan tersebut. Bisa dibilang, ini membuat Replay lebih baik daripada percakapan langsung karena akan menghemat banyak waktu berharga.

Terakhir, Replay juga dilengkapi dengan fitur Jumlah Peserta Total. Seperti namanya, pembuat ruang akan dapat melihat berapa banyak orang yang mendengarkan dan mendengarkan rekaman setelah ruang live berakhir. Untuk hak membual tambahan, pembuat ruang Clubhouse juga dapat membagikan jumlah peserta ini dengan orang lain.