Cara Menambahkan <i>Thumbnail</i> di Video TikTok Agar Menarik Penonton
Cara menambahkan thumbnail video TikTok (SCMP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Thumbnail merupakan foto sampul yang dapat menjelaskan dari video yang diunggah pengguna ke platform miliknya. Selain YouTube, aplikasi short video TikTok juga dapat menggunakan Thumbnail di setiap postingan yang dibuat konten kreator.

Penggunaan Thumbnail di video TikTok bertujuan untuk mempermudah konten kreator menjelaskan isi video yang mereka buat. Melalui Thumbnail di halaman sampul, para follower atau pengguna TikTok lainnya dapat mengetahui isi video yang diunggah secara singkat.

Sayangnya, penggunaan Thumbnail di aplikasi TikTok masih kurang populer. Banyak konten kreator yang kurang memperhatikan hal tersebut sehingga video yang mereka unggah kurang dioptimasi dengan baik untuk menarik penonton. Padahal, jika hal tersebut dilakukan peluang video mereka lebih banyak ditonton pengguna TikTok akan lebih besar.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan konten kreator pemula, Thumbnail video TikTok bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jumlah view di akun Anda. Berikut ini tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat Thumbnail TikTok.

Menambahkan Thumbnail Video TikTok

Untuk menambahkan Thumbnail di video TikTok, langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuat video. Pengguna dapat membuka aplikasi TikTok di ponsel Anda, kemudian klik ikon "+" untuk membuat video.

Selanjutnya, Anda dapat membuat video yang Anda inginkan, sesuai dengan konten yang sudah Anda siapkan. Setelah video dibuat, Anda dapat klik "Berikutnya" untuk masuk ke menu pengaturan postingan.

Di tahap ini, pengguna dapat menambahkan caption, tagar yang digunakan dan tag teman, sesuai dengan kebutuhan. Sebelum video diposting Anda dapat memilih Thumbnail dengan klik "Pilih Sampul".

Anda akan dibawa ke halaman sampul TikTok. Pengguna dapat memilih bagian video yang ingin dijadikan sampul atau Thumbnail, dengan klik bagian scene yang Anda inginkan.

Pengguna dapat menambahkaan teks, atau ikon lainnya di Thumbnail. Setelah itu, pilih dan tekan salah satu tampilan teks yang sudah disediakan oleh aplikasi TikTok.

Isi kolom "Judul" untuk memberi judul video postingan Anda, kemudian pilih jenis dan warna font yang Anda inginkan. Atur tata letak teks pada Thumbnail sesuai dengan keinginan.

Jika sudah mengatur Thumbnail yang sesuai dengan keinginan, Anda dapat klik tombol Selesai untuk menyimpan Thumbnail tersebut. Secara otomatis, thumbnail akan langsung diterapkan di video Tik Tok.

Klik "Posting" untuk mulai membagikan video tersebut kepada pengguna TikTok.

Untuk melihat tampilan Thumbnail yang Anda buat, kunjungi "Profil" akun TikTok Anda.

Demikianlah cara menambahkan Thumbnail di video TikTok yang dibuat konten kreator untuk mempermudah penonton memahami isi video yang Anda posting.