Saingi Clubhouse, Ini Rangkaian Fitur Audio Baru Facebook yang Telah Diperluas Secara Global!
Facebook luncurkan fitur baru untuk saingi Clubhouse. (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook sepertinya sedang gemar berinvestasi dengan fitur audio, pasalnya media sosial itu baru saja meluncurkan tab Audio. Di mana tab itu akan menjadi pusat tempat fitur podcast, Live Audio Rooms dan audio pendek.

Jadi, pengguna tidak perlu mencari-cari lagi di mana tiga fitur di atas berada, karena Facebook memudahkan pengguna untuk menemukannya di satu tempat. Meski demikian, tab Audio ini baru diluncurkan ke semua pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS), dan di seluruh perangkat iOS juga Android. Fitur ini dapat diakses di tab Watch.

Perusahaan mengatakan tab Audio tersebut akan membantu konten kreator menemukan acara mereka, sementara pengguna Facebook dapat menemukan konten audio dari kreator favorit, menemukan yang baru, dan mengakses konten yang telah mereka simpan untuk nanti.

Mengutip The Verge, Selasa, 12 Oktober, saat diluncurkan, tab Audio akan menampilkan konten dari kreator yang sudah diikuti, dan akan menyertakan serangkaian rekomendasi yang dipersonalisasi serta saran audio lain yang populer di Facebook.

Selain tab Audio, perusahaan juga mengumumkan perluasan fitur Live Audio Rooms. Pesaing Clubhouse itu telah tersedia lebih luas untuk pengguna global, dan Facebook juga mulai meluncurkan produk baru yang disebut Soundbites, semacam TikTok untuk audio yang menawarkan klip audio pendek.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menggambarkan Soundbites mirip dengan Reels Instagram, tetapi hanya untuk audio. Facebook menyatakan produk tersebut masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi sejauh ini telah sukses di antara pembuat konten yang menggunakannya. Ini akan tersedia untuk lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Lebih lanjut, Facebook akhirnya masuk ke arena podcast, tetapi mendengarkan podcast di Facebook masih terbatas untuk pemirsa di AS. Kemungkinan, mereka memiliki rencana untuk memperluas penawaran podcast ke lebih banyak pasar di masa depan. Sebagai bagian dari visi jangka panjang dalam menawarkan pengalaman holistik yang menyatukan peluang distribusi baru, penemuan, monetisasi, dan koneksi sosial untuk podcast, dalam satu tempat.