Clubhouse Luncurkan Fitur Anyar, Kini Pengguna Bisa Mengirimkan Teks pada Aplikasi
Aplikasi Clubhouse (Mashable)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah bocor lebih dulu, Clubhouse pun akhirnya resmi merilis fitur teks pada platformnya. Disebut Blackchannel, sistem pengiriman pesan baru ini bakal membuat pengguna lebih bebas ngobrol dengan pengguna lain melalui teks. Ya, sama seperti fitur yang umumnya terdapat pada platform media sosial. 

Melalui postingan blog yang diunggah hari Rabu lalu, aplikasi berbasis audio ini mengumumkan kehadiran Blackchannel. Dalam rilis resmi tersebut, perusahaan menjelaskan bahwa Blackchannel bakal membuat pengguna bisa ngobrol melalui teks di luar ruangan streaming audio atau selama streaming.

Dalam pembaruan aplikasi yang sudah diluncurkan, Clubhouse menjelaskan bahwa fitur Backchannel memiliki lima fungsi. Antara lain,  berdiskusi di ruangan yang Anda buat secara real-time, mengirim dan menerima pertanyaan dari peserta, mengucapkan terima kasih pada seseorang, menjadwalkan acara, serta ngobrol langsung dengan teman di aplikasi ini. 

“Sebagai bagian dari proses pengembangan kami, Clubhouse secara berkala mengeksplorasi dan mengujicoba fitur-fitur potensial. Fungsi anyar tersebut seringkali menjadi bagian dari aplikasi, terkadang tidak. Kita tidak mau mengomentari fitur potensial,” ungkap pendiri Clubhouse via The Verge, Jumat, 16 Juli.

Hingga saat ini, masih belum jelas skala peluncuran fitur anyar ini. Pasalnya, fitur tersebut baru tersedia untuk publik sebentar saja, untuk kemudian ditarik perusahaan. 

Cara Mengirim Pesan Teks pada Clubhouse

Fitur ini mendukung chat privat maupun grup chat yang bisa dibaca hingga 15 pengguna lain. Hanya saja, tidak sembarang orang bisa berpartisipasi dalam obrolan teks ini. Dan cuma moderator yang bisa menambahkan atau mencopot peserta.

Jika Anda tertarik mencoba, tim VOI sudah buatkan tutorial mengirim pesan teks lewat Clubhouse. Sila ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Clubhouse
  2. Ketuk ikon pesawat kertas yang terletak di bagian pojok kanan bawah dari layar
  3. Ketuk ikon Pena dan Kertas yang terletak di pojok kanan atas
  4. Ketuk nama akun yang ingin Anda kirimi pesan lalu pilih akun tersebut. Jika Anda sudah mengikuti akun tersebut, maka nama dari akun yang diinginkan akan muncul. Anda juga bisa menambahkan penerima pesan hingga 15 orang
  5. Ketuk ‘Done’ lalu halaman chat pun akan muncul, siap digunakan