Tips dan Resolusi Keamanan Siber Tahun 2024 ala Kaspersky
Ilustrasi tips keamanan siber 2024 (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Pesatnya perkembangan AI dan perkembangan teknologi “pintar” seperti Internet of Things (IoT) membuat tahun 2024 menjadi tahun yang penuh tantangan dalam hal keamanan siber. 

Untuk menghadapi tantangan ini, Kaspersky mengungkapkan cara membantu semua lapisan masyarakat dalam membuat tahun 2024 menjadi tahun yang yang lebih aman bagi semua. 

Lindungi keuangan Anda

Pembayaran elektronik instan antar individu kini semakin meluas. Dan, tentu saja, para penjahat siber merancang cara-cara baru untuk mendapatkan uang Anda. Kaspersky menyebutkan setidak beberapa tips untuk menjadi keamanan keuangan Anda, antara lain:

  • Tautkan kartu bank Anda ke Apple Pay, Google Pay, atau sistem pembayaran serupa lainnya yang tersedia di negara Anda. 
  • Gunakan sistem tersebut untuk melakukan pembayaran di situs web bila memungkinkan. 
  • Lindungi ponsel cerdas dan komputer Anda dengan sistem keamanan komprehensif.
  • Gunakan kartu virtual atau kartu sekali pakai untuk pembayaran online jika bank Anda mendukung opsi ini.

Jangan percaya semua yang Anda lihat

Kecerdasan buatan generatif telah mendominasi pemberitaan sepanjang tahun 2023. Sayangnya, ini juga telah digunakan untuk tujuan berbahaya. Kini, hampir semua orang dapat membuat teks, foto, dan video palsu dalam hitungan menit.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah bersikap sangat kritis terhadap konten apa pun yang menstimulasi emosi, yang ditemui di media sosial, jangan mentransfer uang ke penggalangan dana atau kampanye amal apa pun tanpa terlebih dahulu melakukan pemeriksaan latar belakang penerima secara menyeluruh, instal perlindungan phishing dan penipuan di semua perangkat Anda, kemudian aktifkan perlindungan iklan banner.

Jangan percaya semua yang Anda dengar

Deepfake, suara berbasis AI berkualitas tinggi sudah digunakan secara aktif dalam skema penipuan. Biasanya para penipu berpura-pura sebagai bos, rekan kerja, atau anggota keluarga dan meminta bantuan.

Skema tersebut bertujuan untuk mengelabui korban agar secara sukarela mengirimkan uang kepada penjahat. Untuk terhindar dari modus penipuan ini, ikuti tips berikut:

  • Verifikasi panggilan tak terduga atau mengkhawatirkan tanpa panik.
  • Gunakan aplikasi pengenal penelepon untuk memblokir panggilan spam dan penipuan.

Hanya membeli perangkat pintar internet-of-thing (IoT) yang aman

Perangkat IoT yang tidak terlindungi dengan baik menciptakan berbagai macam masalah bagi pemiliknya. Mulai dari robot penyedot debu memata-matai pemiliknya, smart pet feeders yang memiliki banyak kerentanan, set-top box mencuri akun dan membuat proxy berbahaya di perangkat Anda. 

Untuk terhindar dari hal semacam itu, Anda perlu mencari tahu apakah ada kebijakan terkait inovasi teknologi di negara Anda dan manfaatkan inisiatif tersebut semaksimal mungkin dengan hanya membeli perangkat IoT yang aman dengan dukungan yang dinyatakan dalam jangka waktu lama. 

Jaga orang yang Anda cintai

Penipuan yang melibatkan teks, gambar, dan pesan suara palsu bisa sangat efektif bila digunakan pada orang lanjut usia, anak-anak, atau mereka yang kurang memahami teknologi. 

Untuk itu, jaga orang-orang yang anda cintai, dan pastikan semua komputer dan telepon keluarga Anda terlindungi sepenuhnya.