Google akan Memberikan Pembaruan Otomatis 10 Tahun ke Chromebook
10 tahun pembaruan otomatis untuk Chromebook (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan bahwa Chromebook akan memiliki pembaruan otomatis dalam 10 tahun ke depan, guna menjaga perangkat Chromebook tetap aktif dan berfungsi lebih lama.

"Semua platform Chromebook akan mendapatkan pembaruan otomatis rutin selama 10 tahun lebih banyak dibandingkan komitmen sistem operasi mana pun saat ini," tulis Prajakta Gudadhe dan Ashwini Varma selaku Direktur Senior Teknik, ChromeOS dalam blog Google. 

Untuk mewujudkannya, Google mengaku telah bekerja sama dengan partner untuk membuat Chromebook dengan lebih banyak bahan daur ulang pasca konsumen (PCR), dan meluncurkan fitur baru yang hemat daya serta proses yang lebih cepat untuk memperbaikinya. 

10 tahun pembaruan otomatis

Mulai tahun depan hinhga 10 tahun mendatang, Google akan memperluas pembaruan otomatis tersebut sehingga Chromebook Anda mendapatkan peningkatan keamanan, stabilitas, dan fitur baru ke depannya. 

Nah, untuk memastikan perangkat Chromebook Anda kompatibilitas dengan pembaruan yang ada nantinya, Google juga telah bekerja sama dengan semua produsen komponen dalam satu platform untuk mengembangkan dan menguji perangkat lunak di setiap Chromebook.

"Mulai tahun 2024, jika Anda memiliki Chromebook yang dirilis mulai tahun 2021 dan seterusnya, Anda akan otomatis mendapatkan pembaruan selama 10 tahun," jelasnya. 

Sedangkan untuk Chromebook yang dirilis sebelum tahun 2021 dan sudah digunakan, pengguna dan admin TI akan memiliki opsi untuk memperpanjang pembaruan otomatis hingga 10 tahun sejak rilis platform (setelah mereka menerima pembaruan otomatis terakhir).

Dengan keputusan ini, Google ingin menjadikan perangkat Chromebook-nya menjadi perangkat yang lebih ramah lingkungan baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. 

Untuk itu, dalam beberapa bulan mendatang Google juga akan meluncurkan fitur baru yang hemat energi ke sebagian besar platform yang kompatibel.